LPDP – Kisah & Tips Trik

Kualifikasi saya memenuhi kriteria “pas-pasan” untuk standard LPDP: IP sangat mepet (sampai waktu wawancara ditanyain “kok IP kamu cuma segini?”), bahasa Inggris terutama speaking minim, mendaftar dengan TOEFL ITP belum tes IELTS, hingga belum ada LoA bahkan belum daftar ke universitasnya. Saya cukup percaya kalau saya salah satu yang paling minim pemenuhan syarat administratifnya hehe. However, thats why this story was written. Saya mau para pembaca berani bermimpi dan berpikir “Syafira yang gini aja bisa, berarti saya juga bisa” :) Selamat membaca.

ADMINISTRASI

Tantangan dalam pemenuhan seleksi administrasi ada tujuh: IP, Essay, LoA, SKCK, Surat dari Rumah Sakit, Sertifikat Bahasa Inggris, dan Surat Rekomendasi.

  1. Indeks Prestasi. IP saya pernah turun > 1,00. Yap. Bukan 0,1 tapi 1,00. Pernah juga mengalami jaman IPK <2,5. Syarat IP minimal LPDP adalah 3,00 dan saya cuma 0,0x di atas batas itu :)
  2. Essay. (Proses pencarian ilham, penulisan, dan revisi-revisi memakan waktu +-2 bulan. Super makasih buat Aris, Fawwaz, Dinda, Zaki yang udah ngebaca dan ngasih masukan. Saya kurang yakin essay ini sebaiknya dipublish secara umum atau tidak, jadi kalau berminat baca-baca monggo japri saya/tuliskan email di kolom komentar & akan saya kirimkan :)) Di batch 3 2015, ada tiga essay yang perlu ditulis dan berikut tips saya buat tiap essay :
    1. “Kontribusiku bagi Indonesia”: ceritain kenapa kita cinta sama Indonesia, kita selama ini tertarik dengan bidang kontribusi apa (contoh saya: bidang legislatif), apa yang udah kita perbuat yang sejalan dengan bidang itu (contoh saya: menjadi Senator, ketua komisi di Kongres KM-ITB, internship di MPR, tugas akhir tentang DPR), dan ke depannya mimpi kita mau ngapain + selama ini udah melakukan  apa untuk mencapai mimpi tersebut; hubungkan dengan rencana studi (contoh saya: akan bergabung dengan BAPPENAS/Kominfo, rencana studi di ICTs for Development, sehingga sekarang sedang bergabung dengan proyek Smart City Bandung). Intinya menegaskan kalau kecintaan kita ke Indonesia bukan cuma wacana.
    2. “Sukses Terbesar dalam Hidup”: saya membaca cukup banyak essay referensi tentang ini dan menyimpulkan: sukses terbesar bagi setiap orang itu sangat variatif mulai dari tentang “bisa kuliah” (karena ekonomi keluarga terbatas) hingga “juara kelas” (karena membahagiakan orang tua). Sukses terbesar saya sendiri: “bisa move on dari mantan“. Iya. Serius :) Saya ceritain gambaran ketidaksuksesan kisah percintaan dan pembelajaran apa yang didapat dari proses usaha move on tersebut. Honestly awalnya saya juga merasa kisah ini creepy haha, tapi ya gimana memang inilah sukses terbesar saya. Saya berusaha jujur & merangkai latar belakang itu menjadi fondasi yang membuat saya menjadi saya sekarang. Tak lupa juga selipkan ‘citra diri’ yang ingin ditegaskan seperti inovatif dan gigih.
    3. “Rencana Studi”: saya membuat kesalahan di essay ini. Essay saya cukup dangkal, cuma secukupnya menuliskan: kenapa jurusan tujuan penting untuk cita-cita saya dan Indonesia, kenapa harus universitas tersebut, mata kuliah apa yang mau diambil, dan rencana tesis seperti apa. Teman-teman yang lain ternyata menuliskan hingga 7 halaman rencana tesis mereka. Rencana tesis saya hanya topik dan gambaran umum aja (karena belum terbayang) sehingga ini menjadi kesulitan waktu wawancara.
  3. LoA. Pada waktu seleksi administrasi, kolom ini saya kosongkan. Bahkan hingga saat seleksi wawancara, saya belum menyelesaikan proses pendaftaran ke University of Manchester karena belum ada IELTS dan belum mencari surat rekomendasi. Sehingga bekal ke seleksi wawancara hanya screenshoot bahwa saya sudah memulai mendaftar online ke UoM.
  4. SKCK. Buat perantau, pengurusan SKCK merupakan tantangan tersendiri karena hingga saat ini – setau saya – pengurusan SKCK harus di daerah domisil KTP. Alokasikan 5 hari untuk pengurusan, dulu saya salah perhitungan waktu sehingga harus 2x ke Yogyakarta. Proses dimulai dari pengurusan ke Pak Dukuh (untuk di daerah saya ga perlu ke RT RW), lalu Kelurahan, Kecamatan, Polsek, dan (karena Polsek ga mau mengeluarkan SKCK untuk yang bertujuan ke luar negeri) Polres.
  5. Surat dari Rumah Sakit. RS-nya harus RS pemerintah, di Bandung yang cukup nyaman Rumah Sakit Hasan Sadikin. Alokasikan 3 hari untuk pembuatan: surat bebas narkoba (via urin dan wawancara dengan psikolog), surat keterangan sehat, dan surat bebas TBC (ga bisa satu hari karena hasil ronsen baru bisa diambil hari setelahnya). Biaya yang diperlukan sekitar 400ribu dibayar tunai. Waktu operasional Senin – Jum’at, jam 09.00 – 15.00
  6. Sertifikat Bahasa Inggris. Sejujurnya, pada awalnya saya berniat mendaftar LPDP untuk tujuan dalam negeri (jurusan Ekonomi Pembangunan di UGM) karena beberapa pertimbangan termasuk lemah di kemampuan bahasa Inggris *pernah separah “Im is Fira, nice to meet you”*. Untuk pendaftaran dalam negeri, syarat TOEFL ITP yang dibutuhkan 500 dan untuk score tersebutpun orang tua ga percaya saya bisa mencapainya haha. Hingga pada saat pulang ke Yogya beberapa minggu, saya ‘dikurung’ orang tua buat les privat bahasa Inggris. Untung pengajarnya recommended, setiap hari beliau datang ke rumah selama seminggu dari jam 08.00 – 15.00 *Japri saya untuk yang berminat kontaknya :)* Uji coba pertama, score 500 lebih sedikit. Selama proses belajar, nilai saya naik walau fluktuatif hingga hampir 600. Berbekal kayakinan bisa mencapai syarat untuk tujuan luar negeri (550), sayapun mengubah rencana studi ke luar negeri. Tetapi oh tetapi, waktu hendak mendaftar tes TOEFL, saya baru tau kalau pendaftaran itu perlu jauh-jauh hari sebelum kuota penuh & hasilnya baru keluar +- 2 minggu setelahnya. Saya cek jadwal semua penyelenggara TOEFL di Bandung, Yogya, hingga Magelang dan semua penuh/jadwal tidak cocok. Akhirnya ada yang cocok di Jakarta, dan karena ga ada kenalan yang domisil di sekitar lokasi tersebut, saya pakai jasa kurir (HandyMantis) untuk pendaftarannya. Walau ternyata, kesempatan tersebut belum rezeki saya. Hasil tes telat keluar sehingga pendaftaran LPDP batch 2 udah ditutup. Pada waktu hasil sudah keluar, ternyata score saya-pun super tanggung: 547. Yasudah. 1-2 bulan setelahnya, saya coba lagi di BLCI Bandung dan supaya maksimal saya ambil prediction test dulu di tempat tersebut (@ Rp 80.000, maksimal coba 3x setahun). Sebagai gambaran, tiga hari berturut-turut score prediction test saya: 547, 565, dan 587. Pas tes yang sebenarnya, score saya 560.
  7. Surat Rekomendasi. Cari dosen/atasan yang saat berhubungan dengan beliau kita paling puas dengan kinerja kita. Saya sendiri meminta dosen wali saya, Pak Imam, karena pernah menjadi sekretaris di conference yang beliau ketuai. Dengan sangat murah hati (dan tentunya overrated), beliau memberi “sangat baik” untuk semua kriteria penilaian

WAWANCARA, ESSAY OTS, LGD

Sejak dinyatakan lulus administrasi, saya langsung cari-cari referensi tentang seleksi wawancara & LGD. Supaya bisa saling ngasih informasi, kami bikin group Whatsapp anak-anak ITB yang akan seleksi di Bandung. Di group itu, Reza EL ngasih link-link bermanfaat salah satunya excel perkiraan pertanyaan & jawaban dalam bahasa Indonesia dan Inggris (dengan perubahan & penghapusan bagian personal, bisa didownload di sini). Lalu supaya bisa tau kepribadian & interest masing-masing, saya ngepo & nge-add Facebook temen sekelompok LGD yang 5 per 6-nya anak ITB. Saya juga konsultasi ke beberapa orang yang pernah ikut wawancara LPDP (makasih banyak Tika, Ozan, Hafidz, Bening, Kenny) maupun sedang kuliah di fakultas yang saya tuju (terima kasih waktunya, Ocha & Kak Bayu). Tak lupa beli Tempo & Kompas buat dapet data untuk seleksi essay/LGD.

Pada Hari-H, alur yang saya ikuti: Essay on the Spot, LGD, lalu wawancara berturut-turut tanpa jeda.

  1. Essay on the Spot. Kita memilih satu dari dua tema yang diberikan dan menulis pendapat/argumen mengenai hal itu. Saat itu, tema yang bisa dipilih adalah tentang transporasi dan tentang hukuman mati. Saya memilih tema hukuman mati. Untungnya, saya sudah les IELTS sehingga kurang lebih mempunyai pedoman penulisan pendapat yaitu: paragraf pertama adalah introduction (tulis ulang pertanyaan dengan bahasa sendiri, gambaran pendapat kita (setuju/ga setuju), dan gambaran essay ini akan membahas mengenai apa), paragraf kedua ketiga keempat mengenai argumen kita (satu paragraf = satu pokok argumen), dan paragraf terakhir berisi kesimpulan (ga boleh tambahin argumen/info baru, cukup simpulin dari paragraf-paragraf sebelumnya).
  2. Leaderless Group Discussion. Beberapa jam sebelumnya, kelompok kami udah kumpul dan mendiskusikan pembahasan. Walau dari pengalaman sebenernya lebih baik ada moderator yang mengarahkan forum… ga ada dari kami yang mau jadi moderator karena moderator berada di posisi sulit: ga boleh terlalu dominan tapi perlu mengarahkan forum. Akhirnya tanpa kesimpulan, kami masuk ke ruangan LGD. Setelah penjelasan singkat dari pengamat (2 orang), kami diberi potongan berita mengenai ‘perubahan kurikulum pendidikan di mana pendidikan budi pekerti dimasukkan ke dalam pelajaran formal’. Saya tertegun ngebaca tema ini karena saya hanya menyiapkan diri dengan data-data tentang isu politik, sapi, monorel, hingga kondisi rupiah; sama sekali ga kebayang isunya tentang pendidikan. Akhirnya daripada bengong, saya tanpa permisi memosisikan diri jadi moderator (ini salah banget. Harusnya permisi minta persetujuan dulu). Saya berusaha ga terlalu dominan, tapi tetep mengarahkan (walau ada bagian fail berat). Saat ada yang mengkritik alur bahasan, saya berusaha tidak terhina dan berterima kasih (karena sang pengamat sengaja ngamatin respon saya saat itu). Sebagai moderator, saya berbicara banyak tapi sangat sedikit berpendapat (hanya 1-2 pendapat) dan ada saat-saat bengong juga hehe. Keluar dari ruang LGD, saya udah bertekat kalau ga lolos batch 3 dan mencoba batch 4 ga mau jadi moderator lagi -_-. Any way menurut saya pribadi, yang lebih penting dari LGD bukanlah “bobot pendapat” tapi “manner”-nya. Kalau menyampaikan pendapat, langsung aja gausah pake kata pengantar yang kepanjangan. Kalau dikritik tetep happy ga tersinggung, kalau mengkritik/kurang setuju mengutarakan dengan sopan. Usahain juga kasih pendapat yang out of the book/mengacu pada kondisi di daerah tertentu (contoh: pengalaman di daerah asal atau kondisi di luar negeri) sambil pastiiin pendapat kita relevan dengan alur pembahasan plus jangan sampai mengulang pendapat orang lain (karena ini mengesankan kita ga dengerin pendapat orang tersebut).
  3. Wawancara. Jadwal wawancara saya saat itu dimajuin banget dari harusnya jam 17 menjadi jam 15, langsung setelah LGD. Kaget. Yaudah saya langsung ke lokasi wawancara setelah pamit sama temen-temen LGD. Sampai di lokasi, ternyata kartu peserta saya hilang! Saya keliling-keliling nyari dibantu petugas-petugas. Akhirnya pas cek di tas, ternyata keselip di sana hahaha “_”. Akhirnya sambil ngos-ngosan, saya langsung masuk ruang wawancara. Ruangannya adalah aula besar, di mana setiap jarak 10-15 meter ada 3 orang pewawancara di balik meja panjang yang menghadap ke satu kursi. Setelah menyapa dan menyalami masing-masing pewawancara, *dengan masih ngos-ngosan* saya duduk (dan lupa minta ijin buat duduk). Di depan saya ada 3 orang: ibu psikolog berkerudung, bapak-bapak sepertinya dosen, dan ibu-ibu sepertinya dosen.
    1. Okay Syafira. You want to enroll ‘ICTs for Development’ in University of Manchester. Tell me about your study plan. Please describe it in English *kaget langsung pertanyaan dalam bahasa Inggris. Walau saya udah simulasi 3x ngejawab pertanyaan persis seperti ini dalam 2 bahasa, tapi pas ngejawab tetep ‘ang eng ang eng’. Baik grammar maupun jawabannya ngaco. Sampe pewawancaranya mengenyitkan dahi*
    2. How can this major help you to reach your dream?
    3. Rencana tesis kamu seperti apa? *akhirnya dalam bahasa Indonesia*
    4. Tugas akhir kamu seperti apa? Hubungan sama tesis kamu?
    5. *Mengonfirmasi CV dan meminta penjelasan dari kegiatan-kegiatan itu*
    6. Apa cita-cita kamu? Kalau ga bisa mencapai cita-cita itu, apa yang akan kamu lakukan? 
    7. Kamu pernah mengalami kegagalan? Seperti apa? *saya ceritain tentang kisah percintaan saya hahaha untungnya pewawancara tertarik*
    8. Terus kamu sekarang udah move on? Udah punya pacar lagi? Pacar kamu pdkt-nya berapa lama setelah kamu move on? Dia gimana kalau ditinggal kuliah?
    9. Kamu kenapa IP-nya cuma segini? *saya keceplosan jawab “dulu IP saya lebih jelek lagi Pak”. Kepalang tanggung, saya lanjutin “sejujurnya pada tingkat 3, saya merasa IP bukan hal penting. Tetapi saat menemukan cita-cita berbakti di BAPPENAS, ternyata syarat IP minimal adalah 3,00 sehingga saya berusaha mencapai itu”. Saya kasih penekanan bahwa pada saat sedang menjabat (plus jabarin amanah yang dipegang & rapat yang sampai subuh hampir tiap hari), saya mendapat IP 4,00. Saya juga uraiin gimana pengaturan waktu saat itu*
    10. Ada cerita kegagalan kamu yang lain? *Saya jawab “banyak Bu” dan dengan antusias saya jabarin. Di akhir cerita, saya kasih penekanan “moto hidup saya everything happens with a reason sehingga segala yang terjadi di hidup memang adalah jalan yang terbaik bagi diri saya. Saat mendapatkan kegagalan, saya menikmati saja karena yakin pasti ada hikmah di balik hal itu”. Akhirnya saat itu ketiga pewawancara menunjukkan muka tertarik setelah sebelumnya muka bosan hehe*
    11. Oke cukup segini aja. *Kaget, saya keceplosan “udah Pak?”* Iya udah. *Saya ucapin terima kasih, lalu langsung pergi kelupaan nyalamin para pewawancara*

Kelar wawancara, sejujurnya ada beberapa hal mengganjal. Saya kesel sama ketidaklancaran bahasa Inggris saya. Saya kelupaan ngejelasin kenapa ingin jadi PNS di BAPPENAS/Kominfo, padahal alasan itulah selling poin utama saya. Dan terutama saya malu karena pas ngejelasin rencana studi malah bingung sendiri. Tapi setidaknya, saya udah menyampaikan poin-poin utama yang ingin disampaikan.

Membahas mengenai tips wawancara, tentu sebelum wawancara saya udah bertanya ke beberapa orang mengenai tips-tips mereka. Dari mereka, mayoritas mengatakan “jadi diri sendiri” yang pada saat itu saya merasa sebagai saran yang ga membantu. Tapi setelah wawancara, saya sadar ternyata memang itulah yang perlu dilakukan. Pewawancara hanya menanyakan apa yang memang ada di diri kita. Jadi untuk temen-temen yang sampai ke tulisan ini berbekal keyword ‘tips wawancara lpdp’, ini saran saya: kenali diri sendiri (kelemahan, kelebihan, moto hidup, dll), pahami jurusan serta rencana tesis, perlancar bahasa Inggris, dan tentunya berdoa ke Yang Maha Punya Kuasa. Doa saya sendiri spesifik, salah satunya “semoga wawancaranya dalam bahasa Indonesia, atau saya dimampukan jikapun dalam bahasa Inggris”.

Dari semua yang terjadi di proses seleksi ini, saya sendiri juga heran kok kenapa saya bisa lolos hehe. Tapi memang Tuhan memberi yang terbaik bagi diri kita masing-masing kan, berarti Alhamdulillah ini bagian dari rezeki saya.

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat menggapai mimpi dan mari bersemangat di kebermanfaatan masing-masing. Kalau ada yang mau nanya-nanya/butuh bantuan yang bisa saya bantu, please feel free to contact me :)

453 responses to “LPDP – Kisah & Tips Trik

  1. Mbak mau minta kasih contoh essay, rima.syaraswati@gmail.com Makasih banyaaak :)))

  2. Kakak… keren banget bisa lulus. Saya rasa perjalanan kakak nggak cuma ‘gitu doang’ sampe bela2in cari tempat tes toefl kemana2. Terus sekarang kakak udh dapat LoA dari MoU kah? Eh, bentar, btw kakak angkatan tahun berapa? (Jangan2 seangkatan lagi, hehe)
    Kalo boleh, saya mau baca essay kakak :)
    noverius2012@gmail.com

    • Halo salam kenal :)

      Haha soalnya langkahku bukan langkah cerdas, minim informasi jadi keteteran buat daftar TOEFL. Makanya kujelasin di sini biar ga pada ngulang kesalahan yang sama ;)

      Belum nih, bulan depan baru tes IELTS. Mohon doanya. Aku angkatan 2010, seangkatankah?

      Essay udah kukirim

      • Aku angkatan 2011 kak, hehe.
        Yang penting dengan informasi yg minim itu kakak nggak menyerah dan tetep berusaha, itu yg bikin cerita dan perjuangan kakak menarik.
        Semangat kakak! Semoga bisa dapet skor ielts yg lebih dari cukup dan segera dapat LoAnya MoU!
        Ganbatte na! :D

      • Eh, eh, mau tanya lagi dong kak, maaf bgt..
        Kalau les atau persiapan ielts kayak kakak sekarang apakah dibiayai oleh pihak lpdpnya juga? Maaf ya kakak nanya terus..

    • Amin, makasih banyak doanya.
      Kalau untuk biaya-biaya les, tentu dibiayai sendiri. Biaya tes (TOEFL, IELTS, etc) juga biaya sendiri. Biaya menuju tempat wawancara/PK-pun juga biaya sendiri. Kan namanya juga orang usaha hehe

      More than welcome. Kalau mau komunikasi lebih panjang, langsung japri message FB aja, link ke FBku ada di gambar side kanan di blog ini :)

  3. menginspirasi banget ceritanya,sukses ya mbak…

  4. Selamat Kak Syafira. Semoga dimudahkan ya studi lanjutnya. Terima kasih sudah mau bagi tips-tipsnya untuk menghadapi seleksi LPDP. Kalo kakak berkenan, saya ingin minta contoh essaynya sebagai gambaran. Terima kasih banyak kak. Sukses selalu.
    Email saya: puspaheningg@gmail.com

  5. Wah selamat beasiswa lpdpnya! Saya tertarik untuk lihat isi esainya, jika berkenan tolong dikirimkan msaptonugroho@gmail.com terima kasih banyaak, semoga sukses selalu :)

  6. Selamat atas kelulusannya ya Mbak. Btw saya mau minta contoh essay nya boleh ya mbak hehe, ini alamat email saya: navissa.akmalia@yahoo.com
    Makasih ya Mbak, semoga sukses selalu aamiin :D

  7. Selamat.. Semoga sukses ke depannya.. Klo boleh, saya minta dikirim essay nya ke email saya abuchori37@gmail.com
    Makasih

  8. Hanandy Yanuar L.

    Qah, mantab mantab. Lolos lpdp nih. Boleh minta cp kontak yang les bahasa inggris itu kak? Mohon dikirim di hanandy92@gmail.com

  9. Minta contoh essaynya ya, fira. email saya hanifah.sarina@gmail.com
    Salam kenal :)

  10. Ur blog amazes me…salut Mbak. Bisa liat contoh essay nya Mbak ? @dindaelfitri94.de@gmail.com
    Thanks before :))

  11. Halo kak salam kenal yaa, saya juga tertarik untuk mendaftar beasiswa lpdp taun ini tetapi ngerasa belum pede huhu soalnya juga belum dapat LoA dan belum tes ielts baru toefl itp sajaa. Selmaat ya kak udah lolos !
    kak boleh minta contoh essay nya buat inspirasi , tolong dikirim ke fitri.amalia46@gmail.com ya kak terimakasih 😊😊

  12. Luar biasa kak syafira, semoga dimudahkan lagi ke depannya 😁😁
    Kak kalau berkenan mau minta kontak guru les bahasa inggrisnya sama essai kakak buat referensi, kirimnya ke mutmainna08@gmail.com
    Terima kasih kak

  13. haloo kak terimakasih ya! blognya menginspirasi saya sekali.. rencananya saya juga ingin apply beasiswa LPDP kak doakan saja semoga segala persiapannya lancar.. oh ya kak? saya blh mnta contoh esay kk ke rachmisanti12@gmail.com
    jazakumullah khairan katsira kak makasih buat sharing nya

  14. Halo mbak syafira, kisah berjuang lpdpnya luar biasa. Kalau boleh berbagi contoh essaynya rofikprasetyo@gmail.com . Mksih bnyk :)

  15. FIRAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAN:*

  16. aku selalu suka tulisanmu, karena aku tau sulit buat aku nulis kayak gini. hiks

  17. Hallo kak Syafira. Sharing mengenai perjuangannya sangat, sangat motivating. Ohiya kak, boleh minta contoh essaynya? fadhillahk@gmail.com. Terimakasih banyak kak!

  18. salam kenal ya kak fira. btw tulisannya menarik banget, saya ucapkan selamat ya kak bisa lolos buat sekolah ke tujuannya kak fira :)
    boleh minta contoh essaynya kak? ini email sy istihafidzah@yahoo.com. terimakasih byk ya kak sukses studinya.

  19. halo kak kisahnua sangat inspiratif. boleh minta kontak guru nya kak. kebetulan saya parah banget bahasa inggrisnya wkwk.

    ke husnul_ks@yahoo.co.id

    makasih kak sebelumnya

  20. Hi salam kenal. Boleh saya minta contoh essaynya. Mohon Kirim ke akmal.alfath@gmail.com
    Terima kasih sukses ya..

  21. Hallo kak..namaku Erlita..Kereen bgt kak..Salut dgn perjuangannya. Mau liat essay nya donk kak, erlita.nurarifana@gmail.com.. Makash ya kak.

  22. kaa mau essay dan tentunya contact les toeflnya, ke agnessnovrie@gmail.com thankyou😊

  23. bangun tri susilo

    halo kak fira, bener2 sangat inspiratif. kebetulan bget n inikah jalan yg Allah tunjukan. aku baru 1 minggu lalu kepikiran mau masuk s2 jalur lpdp. dan mulai mencari n belajar ilmu kmana2.. mohon sharing essay y kak ke banguntrisusilo08@gmail.com n mohon doanya bisa s2 ke turkey :)

  24. Komang G. Sridana

    wah kak, artikelnya komprehensif sekali, kebetulan saya sedang di tahun terakhir dan masih bingung dengan prosedur2 lpdp ini dan artikel ini cukup mencerahkan. Apakah saya boleh membaca essay kakak sebagai gambaran dalam menulis essay? email saya di komang.greggy@ui.ac.id
    Terima kasih dan semoga sukses kuliahnya kak!

  25. Perjalanan lpdp ka syafira sangat menginspirasi ka, selamat!
    Kalau boleh ka bisa minta tolong dikirim contoh essay kakak ke email gempajakarta@gmail.com sebagai referensi ka kebetulan saya lagi stuck di penulisan essay ka. Terimakasih banyak ka, sukses!

  26. Keren dan menginspirasi tulisannya kak, boleh minta essaynya kak sebagai inspirasi. marief210295@gmail.com .. Makasih ya kak…

  27. Mantap kak, smoga sukses..
    O iya Tolong kiriminin ke saya juga ya
    muhammadhaykall@yahoo.com

  28. Selamat malam mbak, bolehkah saya minta contoh essay dan pertanyaan2 prediksi saat wawancara? Ini email saya andrisepian@gmail.com Terimakasih sebelumnya mbak.

  29. Dini Anggraeni Novitasari

    Hai, ur story is so inspiring. Terima kasih tlh menulis cerita ini :)
    Saya minat sekali dgn cth essay Mba Fira, boleh saya lihat? Hehehe via dininvtsr@gmail.com terima kasih dan semoga sukses utk LoAnya :)

  30. Selamat mbak,.. Boleh minta essay nya? titi.nurhidayati0@gmail.com
    Terima kasih telah menginspirasi :)

  31. Selamat Kak Fira lulus LPDP! Salam kenal yah. Makasih banyak kak atas waktu nya untuk share tips dan cerita. Boleh minta contoh essay nya kak? email aku elafhamid@gmail.com Semoga sukses untuk studi nya!

  32. hi…selamat ya…atas kesuksesannya. aku juga mau dikirim contoh essay dong: )…terima kasih. ini email aku alviana91@gmail.com

  33. Makasih udah sharing, sangat menginspirasi! Mbak, apakah saya bisa minta contoh essay? Di aistyaracharmita@yahoo.com
    Makasiiih :)

  34. Assalammu’alaykum..
    Selamat ya kak… :-)
    Semoga lancar studi nya dn bisa sukses. Kecapai apa2 yg diimpikan.
    Memotivasi banget dah pokoknya.
    Do’akan ya kak, semoga aku bisa nyusul juga nantinya.. ;-)
    Oya kak, kalo boleh mau minta kirimi contoh essay kakak ya.. ke milatulfauziah03@gmail.com
    Makasih banyak, kakak..
    Wassalammu’alaykum..

  35. Kakk, boleh minta contoh essay yang kakak buat? Ke ravendtandera@gmail.com. makasih banyak kak. :)

  36. Assalamualaikum kaka, ceritanya bermanfaat sekali. Makasih ya kak, barakalloh semoga dilancarkan ke depannya. Saya juga mau liat contoh essaynya dong kak kalo boleh, ini alamat email saya : vini.fitriani@yahoo.com
    Makasih kak ☺

  37. Mohon bantuan dan informasinya
    Tolong bisa mengirimkan ke email saya
    Gagat.suryaan@gmail.com

    Terimakasih banyak.

  38. dear syafira..tulisannya sangat menginspirasi…boleh minta dikirimi contoh essaynya syafira? bisa dikirm ke dr.khoti@gmail.com. terimakasih sebelumnya…

  39. Menginspirasi mba.. ^^
    Boleh minta dikirimin jga mba..
    Ini email saya: jihadi.saintist@gmail.com

  40. pagi mbak, termotivasi baca tulisan mbak, dan dapat pencerahan nih… amoga kmi bsa juga ya mbak
    kalau boleh dan mba berkenan, saya juga mw ngeliat cnyoh essay nya mbak, email saya siska_handayani18@yahoo.com

    terimakasih seblumnya mbak.
    #pejuang LPDP

  41. Halo, kak. Saya sangat tertarik dengan post kakak. Bikin saya percaya bahwa saya pasti bisa. Saya juga mepet dan belum dapat ilham yg pas utk essay. Hehehe
    Maukah kk berbagi essay nya utk saya pelajari?
    Terimakasih

  42. Kk keren, bole donk kk liat essaynya. Mksi kk :)

  43. sangat menginspirasi mbak,
    boleh minta dikirimin essay nya jg 😊
    ini email saya : nurkhalik@outlook.co.id

  44. Wahh tulisan yang bagus.
    Sy boleh minta contact informasi utk seleksi LPDP di daerah Bandung mba?nuhun

  45. Kak fira ,lucuuu dan penuh hikmah banget ceritanya hehe. Mau minta essaynya juga kak, ke himasdewi@gmail.com
    Hatur nuhuuuun.

  46. Reblogged this on Jalan Dakwah.

  47. boleh minta contoh essay nya?
    asepsucipto.jtk10@gmail.com
    makasih..

  48. Mbak, ceritanya bener2 menginspirasi. Boleh minta lihat essaynya, kalo berkenan minta tlg dikirim ke ry_pradibtya@yahoo.co.id yaa mbak. Sukses selalu mbak. Aamin. Terimakasih.

  49. Wow, kadang ketawa sendiri di beberapa scene di cerita kamu sambil mikir “lah kalo gue daftar, pasti kayak gitu deh. Ngablu sendiri saking gugupnya ditanyain sama pewawancara.”
    Selamat ya sudah lolos LPDP dan ilmunya semoga bermanfaat. ^^

  50. Wow… Pengalaman yg unik sekali dan menginspirasi. Semoga sukses kedepannya. To the point aj mbak..mau minta essayny dan kontak pengajar bhs.inggrisnya mbak..
    Akbar.putra07@gmail.com
    Thanks dan salam kenal

  51. Hai ka fira, menginspirasi sekali ceritanya apa lagi ttg IP yg pas2an karena kesibukan organisasi. Aku mau dong baca semua essay Kaka utk lpdp ini. Selamat yaa sebelumnya. Tgl kirim ke emailku mahardhikaridha@gmail.com

  52. Hai, syafira!
    Terimakasih utk tulisannya sangat inspiratif buat saya. Kalau boleh saya juga mau dikirimkan contoh essay mu ke : misri.misriyani@gmail.com
    Terimakasih ya :)

  53. Mbak, saya juga mau dikirim contoh esaaynya yaa ke alamat nittasarie.olala@gmail.com
    Terima Kasih dan Salam Kenal

  54. Kak mau banyak bertanya.. Bagaimana bisa berbicara dengan kakak. Terimakasih

  55. Mantaap , Menginspirasi !
    Selamat ya Mba Fira. Smoga smua urusannya dilancarkan.
    Boleh dong Mba minta essainya
    ganjarmuhammad@gmail.com
    Trims..

  56. Mbak Fira terimakasih atas share artikelnya, jadi menambah wawasan. O iya mbak boleh minta essay nya di annisaindahsetyawati@gmail.com

  57. Hai kak Shafira,,tulisannya sangat menginspirasi bagi sya,
    Kak klu berkenan tlng kirim essainya di emaiku
    zulfiani90@yahoo.com
    Terima kasih n salam kenal

  58. Mbak terimakasih sharing pengalamannya 😊 saya boleh minta contoh essaynya? ewidasmara@hotmail.com
    Terimakasih banyak

  59. Makasih banyak infonya, it helps a lot!
    Kaka boleh minta essay-nya juga ke laksitaagad@gmail.com
    Thanks in advance :)

  60. hai kak. bener-bener menginspirasi ceritanya. tulisannya bermanfaat bangetttttt. btw boleh bagi essay nya ke rianindaa@gmail.com kak? terimakasih :))

  61. mbak ceritanya menginspirasi .aku mau tolong kirimin contoh essay. makasih banyak :)) riniwidya.rw@gmail.com

  62. Mbak syafira, boleh berbagi essay nya?, ini email saya, i.irawanti@yahoo.com. terimakasih sebelumnya

  63. alfianto hanafiah

    mbak kulo saking cangkringan jogja.
    niki menumbuhkan semangat kulo kuliah maleh, kulo nyuwun essay kaleh nyuwun waktu konsultasi kulo kepingin kuliah ten luar negeri. email kulo alfiantohanafiah@ymail.com

    sakderenge matur sembah nuwun sanget

  64. Tulisan yang sangat menginspirasi mbak fira, kalau boleh kirimkan essaynya ke email aku di ozzysescio@gmail.com , terimakasih mbak, salam kenal :)

  65. Selamat ya buat beasiswanya, sy mau dong dikirimin essaynya ke hsuciati@yahoo.com
    Thanks

  66. Haiii haiii Syafira…
    Congrat yah bisa lolos LPDP!
    Cool:)
    Btw, boleh liat essay kamu ga? Kl boleh, tolong kirim ke : Kristinasitumorang29@gmail.com
    Trus, mw tanya donk, masalah sertifikat eilts,toefl gtu, pas selesksi administrasi harus udh ada atau gmn yah? Blm test nih.. Hehhehe…
    Thanks yah buat info2 nya :)
    Success for u:)

    • Halo, terima kasih udah membaca.
      Iya sertifikat bahasa yang diperlukan (IELTS, TOEFL ITP, atau TOEFL iBT dll) pada waktu mendaftar (mengikuti seleksi administrasi) udah perlu ada. Kalau mau ngebut, daftar aja ITP di lembaga-lembaga bahasa/universitas. Soalny kalo IELTS rata-rata antri-nya lebih lama (dan lebih mahal)

      Sukses juga buatmu :)

  67. Kak, kalau berkenan mau minta contoh essay dan surat rekomendasinya :) bisa dikirim ke atinasarjono08@gmail.com. thanks a lot :)

  68. Hai mbk, keren bgt pglmnnya, proficiat ya untuk beasiswanya… boleh minta di share essay sama contact les toeflnya mbk? Makasih byk :)

  69. Sy boleh mnt contoh essay nya? amaranth86.esi@gmail.com. thx ^^

  70. Sy boleh mnt contoh essay nya? Kirim ke amaranth86.esi@gmail.com Thx ^^

  71. Ari Permana Putra

    Assalamualaikum Wr Wb.
    Kak, saya boleh minta contoh essay nya??
    kirim ke : aripermanaputra.ipb@gmail.com

    Terimakasih

  72. Terimakasih, Mbak. Tulisannya bagus dan menggugah untuk terus bermimpi.
    Jika berkenan, saya minta essaynya dan kelengkapan lainnya yang penting, Mbak. (ini email saya: syaktiperdana@gmail.com)

    #Kiranya bisa diposting saja sampel essay-nya Mbak, agar mudah didownload. :)

    • Terima kasih juga udah membaca.
      Saya kurang tau sebaiknya essay dipost langsung atau ega, jadi karena masih kurang yakin saya ga post dulu cuma kirim ke orang-orang yang meminta. Kalau udah dapet keyakinan bahwa essay boleh dipost, pasti saya kasih link download langsung kok :D

  73. Selamat ya mbak syafira atas beasiswanya,kalau berkenan saya mau minta essai nya. Tolong kirimkan ke email endang.mayasari@yahoo.com makasih sebelumnya

  74. assalamualaikum. mbak, boleh saya minta esay + kontak guru privat nya nih :))
    terimakasih

  75. Permisi mbak, boleh dikirimin contoh essay nya ke sarahsuswanto@gmail.com. Terima kasih banyak :)

  76. Halo syafira , salam kenal . Nama saya Sari. saya memiliki rencana untuk mendaftar beasiswa LPDP tahun depan sambil meningkatkan toefl saya :)

    kalau berkenan apa saya boleh tahu nama fb kamu apa ? biar saya dapat menanyakan banyak hal ke kamu , terima kasih :)

  77. Mbak, anda keren bgt, yg saya tangkep dari cerita mbak, mbak adalah orang yang jujur apa adanya. Salut salut.
    Saya juga jogja mbak btw, bisa minta kontak les bhs inggrisnya sm essaynya mbak? Thx sebelumnya. Trihandoko.feri@yahoo.com

  78. Halo temen-temen yang udah nyantumin alamat emailnya, salam kenal dan terima kasih udah ngebaca. Mohon maaf saya reply all ga bisa reply satu-satu komentar. Semua doa dan ucapan selamat sangaaat membuat saya bahagia, terima kasih ya. Semoga doa yang sama kembali ke temen-temen

    Essay udah saya kirim ke email, semoga bermanfaat dan dilancarkan ke perjalanan masing-masing. Kalau ada yang terlewat/emailnya belum sampai, mohon saya dapat diingatkan untuk mengirim lagi :)

  79. Mbak mohon banget dikirimin contoh essay nya :) terima kasih yah

    bern_gracia@yahoo.com

  80. Assalamualaikum Mba
    Selamat atas kelulusannya mba. Mba safira plano itb ya?
    Kalau boleh, saya mau minta dikirimin juga essay-nya mba. Terima kasih banyak mba
    fivolput@hotmail.com

  81. Halo Mbak Syafira.
    Saya kebetulan nemu link artikel mbak di Facebook. Terimakasih banget mbak, ini berguna bagi saya yang bingung tentang prosedur pendaftaran LPDP :)
    Kalau boleh, saya pengen minta contoh essay-nya mbak, ke dirda.dg@gmail.com
    Sama sekalian mau tanya, cara dapetin LoA gimana ya mbak?

    • Halo juga Adirdir.
      Terima kasih juga udah membaca

      Tiap universitas beda-beda prosedur pendaftarannya.
      Ada yang via daftar online ke website (kayak University of Manchester), ada yang korespondensi sama profesor, ada yang perlu kirim via post kayak NUS. Tapi dari semua prosedur pendaftaran itu, setauku beberapa hal yang pasti diperluin:
      1. Sertifikat bahasa Inggris (bisa IELTS/iBT/bahkan ITP, tergantung permintaan universitas tsb)
      2. Surat rekomendasi
      3. Rencana studi
      4. Transkrip akademik/portofolio

      Kalau ada yang belum bisa dipenuhi (semisal nilai IELTS belum memenuhi syarat) tapi kualifikasi kita udah mereka setujui, biasanya kita dapet LoA Conditional; yang mana bakal jadi LoA Unconditional begitu kita kasihin semisal nilai IELTS yang memenuhi syarat.

      Kalau kamu domisil di kota yang ada IDP, coba ke sana aja ntar bakal dijelasin lengkap kok cara buat dapetin LoA. Kalau di Bandung, bisa juga ke TBI Dago ada counter Vista buat kita tanya-tanya. Semua pelayanan gratis :)

      • Oh gitu ya mbak, berarti cara dapet LoA-nya sama kayak kalo kita daftar biasa gitu yah. Anyway, IDP itu apa ya mbak? Hehe, maaf kalo ngeselin pertanyaannya.

        Makasih banget balesannya mbak, mohon bantuannya banget nih ;)

  82. Kisahnya sangat menginspirasi Mbak Fira, bikin saya semakin termotivasi untuk berjuang mendapatkan beasiswa lpdp. Kalau boleh, saya juga mau mempelajari essaynya Mbak, untuk referensi. Kiranya berkenan dikirim ke study161987@gmail.com. Terima kasih

  83. Hai mbak, aku minat ikutan lpdp tapi sulit paham menulis essay yg bener dan ga ada temen yg bisa membimbing. Mohon bantuannya ya mbak, sy minat baca essay mbak buat contoh. Trima kasih :)

  84. Cintia.windayanthi@yahoo.com minta contoh essay nya ya mbak :)

  85. Entah kenapa saya ikut deg-degan pas mbak fira ceritain pengalaman wawancaranya hahaha. Btw saya boleh minta contoh essay? Kalau boleh, mohon kirim ke mhmd.ikbal@yahoo.com

  86. laila alfa maulida

    selamat yaa syafiraa.. semoga kedepan semakin sukses dan berkah.. :))
    boleh.minta contoh essaynya.. ini email aku. alfamaulida28@gmail.com
    trimakasih sebelumnya.. :))

  87. Nice story sis syafira..
    Thank u for your information there cz i am going to take this scholarship.

    PS: i am interested in your writing..
    Sangat menarik, lucu dan menginspirasi.. ^^

    Best Regards,
    Darta.
    ^^

  88. halloo kaa,
    inspiratif banget lah ceritanya hehe, oia ka saya boleh minta contoh essaynya? kalau boleh, mohon kirim ke muhammadilhamkurniawan17@gmail.com yaaa.. Btw aku juga dapet LoA university of Westminstren London, tapi masih bingung juga buat dapetin beasiswa lpdp nya karena ip saya kurang 3,00 hahahaha

    • Halo salam kenal
      Wah selamat ya udah dapet LoA! Ikut seneng.
      Kalau udah ada LoA (Unconditional), kamu tetep bisa daftar LPDP kok bahkan kalau IP-nya di bawah 3,00 maupun nilai bahasa Inggrisnya kurang dari syarat.

      Buat lengkapnya, langsung cek di web LPDP aja lpdp.depkeu.go.id mumpung pendaftaran batch 4 2015 masih sebulan-an lagi

  89. pengalamannya keren kak, sangat menginspirasi dan bisa jadi moodbooster :)) aku jg lg meraih mimpi supaya bisa sekolah diluar dan semoga bisa dapet rejekinya dengan beasiswa lpdp
    boleh minta essaynya ya kak ke noranindi933@yahoo.com , terima kasih :)

  90. Halo fira, aku minta contoh essay dong :) aku juga pengen apply beasiswa lpdp..hihi

  91. terima kasih Mba, very inspiring. Semoga bisa nyusul LPDP segera.

  92. kelupaan, emailku praja_setiawati@yahoo.com . makasih yaa :)

  93. Halo kak! Selamat yaaa sudah lulus seleksi :)
    Boleh minta contoh essay-nya kak? Ke bizabi77@gmail.com ya kak

  94. Hi fira :)
    Selamat y lulus LPDP, jd tambah semangat dftr stlh baca pengalaman km :)
    Mw dong cth essay ny, bs krm ke wibidhani@gmail.com

    Trmks byk,
    Sukses selalu :)

  95. kak saya mau dong contoh essay nya, adi.sutakwa@gmail.com
    terima kasih udah share kak, saya sangat membutuhkan share semacam ini dari orang seperti kakak, mengingat saya juga ndak jauh beda hehe

  96. hai mba syafira, salam kenal. perkenalkan saya erwin. saya sangat tertarik dengan ceritanya. dan menjadi punya gambaran untuk ikut mendaftar dan mencoba peruntungan untuk beasiswa lpdp. untuk itu bolehkah saya minta contoh essay punya mba? bisa kirim ke: erwin.pribadi@gmail.com

    terimakasih mba syafira :)

  97. pengalaman yang bagus untuk di share nih, boleh dong essay sama sekalian nanti mungkin bisa ngobrol-ngobrol di email, ke sadjojo_ds@yahoo.com thank you.

  98. Hi safira, kebetulan saya juga tertarik ambil ict for development di Manchester untuk tahun depan. Boleh minta waktunya untuk ngobrol-ngobrol?
    Reach me through sindy.hapsari@gmail.com
    Ditunggu kabarnya.

    Thank you

    • Halo Sindy, salam kenal.
      Asiik semoga kita bisa sekelas di ICT4Dev di September 2016! Aku ada temen yang udah dapet LoA dari ICT4Dev MoU, aku juga bakal tanya-tanya dia buat liat essay dll :D

  99. Ceritanya seru banget, Fir. Hahaha…
    Anyway, selamat ya! :)
    Semoga sukses terus!

  100. Asslaamu’alaikum Ka..

    Trm kasih atas sharingnya yg mudah dicerna sm otak hhe. Sukses ya ka :)
    Btw, saya ingin tahu essay yg kk buat. Mohon kirim ke nisamwdtr@gmail.com
    Nuhun :)

  101. Hwaah kakak kereen 👍😂
    Boleh minta contoh essaynya kan kak?
    (aninda.fitriandini@gmail.com)
    Sukses selalu & tetap menginspirasi! 🙌

  102. Nice story kak :)
    Lugas dan jujur kak.. hehe
    Oya, saya tertarik dengan esai kakak..
    email saya : yoesep.budianto@gmail.com

  103. Hai ka Syafira.
    saya mau lihat ka essaynya,
    tolong kirim ke email saya ini yaa ka
    nurhayanireni@ymail.com

  104. Dear Kak Syafira..
    Menginspirasi sekali :)
    Baca blog ini dr dosen yg share tulisan kakak ini..
    Boleh dishare kak essay punya kakak..
    email saya adien_15@yahoo.com
    Trims Kak

    BR
    Adien

  105. Dear Kak Syafira..
    Inspirasi banget deh..
    Mau lihat essay nya kk..
    Share ke email juponlibes@gmail.com yah kak…
    Tq 😊

    BR
    Adien

  106. Selamat mba atas pencapaiannya. Kala boleh saya mau tau contoh essay yang mba buat. Terima kasih mba

  107. Maaf sebelumnya, ini email saya mba untuk contoh essay mba. irmanfebriatnas@gmail.com terima kasih.

  108. ceritanya menginspirasi bgt… smg lancar ya persiapan keberangkatan n studinya… blh minta contoh essaynya?? kalau blh tlg dikrm ke email novitaindriany@ymail.com
    thanks in advance

  109. Assalamu’alaikum, Mbak Syafira!
    Terimakasih sudah berbagi cerita yang inspiratif dan membangkitkan semangat :D
    Boleh minta share essay nya kah?
    Email Saya : auliafrahmani@gmail.com
    Makasih banyak, Mbak :)

  110. Menginspirasi sekali mba Fira……. <3 semoga dilancarkan segala urusan buat ke depannya, aamiin.. Mba mau minta contoh essaynya ke email listya2306@gmail.com thanks a bunch :) salam kenal mba..

  111. Salam Kenal mba..
    Ceritanya sungguh inspirasi.. Boleh minta share essay nya mba?
    ke email : devita.ruly@gmail.com.
    Terima kasih mba..

  112. Waah alhamdulillah ya mba Fira, semoga dilancarkan study nya di sana yaa.. Aku boleh minta contoh essay nya ngga mba? email aku anisaniskurniasari@gmail.com
    makasih banyak sebelumnya mba fira :)

  113. Selamat untuk beasiswa nya :)
    Boleh minta contoh essaynya ke feltari.s@gmail.com?
    Thank you :-)
    Kalau boleh tanya, kenapa pilih MoU? Aku tertarik ke UK juga tapi masih gatau mau ke uni apa.
    Semoga keterima di MoU :-)

    • Duh sorry, UoM mksdnya hehe :p

    • Halo Elta, salam kenal.
      Sebenernya aku milih MoU karena jurusan yang aku mau (ICT4Dev) sejauh ini cuma ada dua di dunia: MoU & di Stockholm University. Sayangnya Stockholm jurusan tsb cuma buka program online aja, jadi kerasa kurang maksimal buat nyerap ilmunya.

      Aku ga menutup kemungkinan kok (bahkan pasti) apply ke jurusan-jurusan sejenis di universitas lain juga :) Tapi MoU tetep jadi plan A. Lumayan bisa sekalian nonton bola & ke toko Sherlock Holmes hehe.
      Makasih banyak doanya!

  114. Wah selamat mbak, inspiratif. Oh ya, kalo berkenan untuk berbagi essay nya bisa tolong di kirim ke aditya.sigitp@gmail.com
    Terima kasih, semoga tetap menginspirasi.

  115. Mau baca contoh essay nya dong. :)
    luckirachman@gmail.com
    Makasih yaa teh fira, eh FIM angkatan brp?

  116. Selamat fira, lulus beasiswa LPDP nya..boleh minta contoh essay nya ke maya.mairisha@gmail.com
    btw, fotonya mirip dosen pembimbing saya, Bu Putri Saptawati :D

  117. Haaai kak fira. Selamat yaaa atas pencapaian prestasinya.
    kalo boleh mau minta contoh essaynya jg kak
    chalista93@gmail.com
    sekalian klo boleh mau diskusi dan bertanya2 ttg lpdp
    makasii banyak sblmnya :)

  118. salam kenal kak fira, boleh minta contoh essay nya yaa buat referensi. riskaseptianita@gmail.com

  119. Hallo fira!! salam kenal :)
    selamat atas kelulusan beasiswanya, smg sukses dimanapun kamu berada. Boleh minta contoh essaynya kah?? Pingin ikutan beasiswa juga tapi bingung mau mulai menulis essay darimana, hhee..
    bellakirana23@gmail.com
    Thanks :)

  120. Margareta salsahbee

    Hai, salam kenal Syafiraa. Waaaaah keren banget kisahnya. Memotivasi banget. Saya juga mengalami hal yg sama seperti anda nih, masih kurang bangeet dalam bahasa inggrisnya. Hoho. Saya mau minta kenalan pengajarnya doong mbak hehe, dan juga sangat ingin membaca essay anda. Ini email saya yah Syafira, salsahbee@gmail.com

    Terimakasih, :)

  121. halo, salam kenal fira :). aku dina. boleh liat contoh essaynya? tolong kirim ke dinaramadhanir@gmail.com . trims :D

  122. Ka boleh saya lihat essaynya ini alamat email saya permadi_yanti@yahoo.co.id Salam kenal ya kak :D

  123. Can I see your essay example? Seems like I’m fallin hard for ur efforts and words :) (mail: kennyrinonce@gmail.com)

    thank youu

  124. halo kak, bila berkenan saya ingin melihat contoh essaynya, bisa dikirim ke blogsiapi@gmail.com terimakasih banyak kak :)

  125. haloo kak syafira.. selamat belajar di sana ya.. Semoga sukses dan saya bisa segera menyusul. Kak Syafira, saya ingin lihat essay kak fira buat bekal mimpi saya sebelum saya tidur. Kalo boleh, mohon dikirim ke resa.satria@tripatra.com ya kak fira.. makasih kakaa..

  126. Salam kenal mbak, saya sngt trinspirasi skali dgn crita mbak. Blh mbta cnth essaynya? Bisa dikirim ke email muhammadisa8@gmail.com

    Terima kasih. :)

  127. Kak boleh minta contoh essay nya?
    makasih bgt y kak atas share pengalaman nya.. jadi punya semangat lebih and bikin keminderan sedikit ilang
    galuhmeifika@yahoo.com

  128. Mbak mau minta contoh essay nya^_^
    Ade.roni888@gmail.com

  129. Assalamualaikum Kak , jika berkenan saya ingin melihat essay Kakak, ini email saya : nunikania@gmail.com
    terimakasih Kak :)

  130. inspiratif dikelas pas2 seperti saya…kalo boleh contoh essay nya ya…needni345@gmail.com

  131. Terima kasih mbak tulisannya sangat informatif dan menginspirasi. Kalo boleh saya minta contoh essay2nya sebagai bahan referensi… Ini emailnya. yusupje15@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelumnya… Sukses selalu buat mbaknya … :)

  132. Inspiring :)) apa boleh dkirim email contoh essay nya… rr_amalia@yahoo.com thankyou…

  133. halo syafira. salam kenal :) saya tertarik membaca blog kamu,tertarik mengikuti seleksi lpdp dan jika berkenan kamu mengirimkan essay ke alamat email saya : anietta.indri@yahoo.com. terimakasih, smoga saya ada rejeki seperti kamu :)

  134. infromatif banget tulisannya. mbak ini pasti orangnya lucu
    salam ya mbak,
    boleh gk mbak saya minta contoh esai yang mbak buat?

  135. Halo fira, salam kenal yaa. Wah inspiratif banget tulisannya!! keren lah :) Boleh minta contoh essaynya kah?? Kalau boleh, kirim ke laila.assofi@gmail.com yaa. Makasih banget firaaa :)

  136. Keren banget mbak. Bisa kirim ke eluggnibmagyeah@gmail.com?

  137. Halooo kak, boleh minta contoh essaynya ga?
    son_ga_in@yahoo.com

    Selamat ya kak atas beasiswanya. semoga makin sukses.
    Saya kedepannya juga berencana mendaftar beasiswa LPDP. tnx

  138. Halo temen-temen terima kasih banyak atas kunjungan, doa, dan ucapan selamatnya; really appreciate it!
    Email udah dikirim. Kalau ada yang terlewat mohon saya dapat diingatkan.
    Semoga sukses dan lagi-lagi semoga doanya kembali ke temen-temen.
    See you on top! :)

  139. Halo kak, selamat udah keterima beasiswa LPDP.
    BTW, tolong kirim essay punya kakak ke email saya:

    prapto.fmipaitb@gmail.com

    Terima kasih kak. God bless.

  140. halo syafira, salam kenal, selamat ya sudah dapet beasiswa LPDP, semoga saya juga bisa. bolehkah saya minta dikirimkan essaynya? ke email maherasugih@gmail.com.
    terimaksih sebelumnya dan semoga kamu sukses terus yaaa

  141. Terima kasih, tulisannya sangat inspiratif. Mau tanya, untuk surat rekomendasi tokoh/ atasan yang bukan check list tulis tangan ya? atau bagaimana? sekalian boleh minta dokumen/ essay yg bisa di bagi dong. Makasih sebelumnnya.
    dhandis63@gmail.com

    • Kalau aku surat rekomendasinya diketik sama perekomendasiku (tentu formatnya udah kupersiapin jadi beliau tinggal isi). Tapi ada juga temen-temen yang ditulis tangan kok karena pada batch kami ga ada keterangan lebih lanjut

  142. Halo syafira, aku mau lihat cth essay nya ya. Bs dikirim ke ayinies@gmail.com. dan kl lpdp itu lebih ngedepanin anak2 yg ikut organisasi di kampusnya pas s1 atau itu ga terlalu dipertimbangin? Thankuuu. :)

    • Halo Ayinie. Aku masih kurang yakin pola penerimaan LPDP itu bagaimana, karena banyaaaak temenku yang organisasi & akademiknya luar biasa tapi ga keterima. Tapi sebaliknya banyak juga yang organisasi & akademiknya ga outstanding tapi keterima.
      Buatku pribadi, pengalaman ikut organisasi tentu bakal jadi nilai tambah kok. Apalagi kalau posisinya puncak kayak ketua BEM, ketua Senat kampus karena artinya orang tsb punya soft skill yang bagus :)

  143. Menarik mbak ceritanya, inspirasif. :D
    Kalau boleh, saya minta essay mbak syafira dong mbak hehe terimakasih banyak.

    bahrulj@gmail.com

  144. Lucy Dewan Yuliyanto

    Kak, terima kasih ilmunya nih, bermanfaat. Aku mau daftar LPDP Periode ini nih, tp TOEFL ITPku entah berapa, baru mau tes tanggal 26 September ini, dan semua syarat sudah lengkap + LoA Conditional, Mohon doanya ya biar bisa >550 minimal sama kayak kakak. Makasih

  145. Mbak, mau donk dikirimin contoh essay. Tolongin y, pas2an jg niy. Makasih y

  146. Halo Syafira salam kenal, selamat atas beasiswanya! Ceritanya sangat inspiratif dan saya pun percaya bahwa everything happens for a reason, dan tuhan pasti menyiapkan rencanaNya yang terbaik untuk kita. Apabila berkenan, bolehkah saya dikirimkan contoh tulisan essaynya? Ke email: dcsafira@gmail.com
    Sukses selalu! :)

  147. Tulisannya sangat menginspirasi mba. Selamat yaa anyway, luar biasaaaa…boleh mba dikirimin essay mba wkt itu ke sthifdiah@gmail.com. makasih :)

  148. Infonya berguna banget kak. Kalo boleh minta tolong dikirimkan contoh essaynya ke tomtomarif@gmail.com

  149. Halo Mba Fira, bolehkah juga saya minta contoh essay dikirimkan ke alamat bluestocking@gmx.net. Terima kasih.

  150. Hai mb fira, saya juga mau minta contoh essay nya,, please kirim ke alamat rikasan84@gmail.com. terima kasih

  151. Mbak,saya mau minta contoh essay dan kontak pengajar toefl yg direkomendasikan.Kebetulan saya juga berdomisili di Jogja.Terimakasih. email : rosita.archiplan@yahoo.com

  152. Terima kasih mba… kalau boleh saya mau minta essay nya … email saya zulfa_yulia@yahoo.com :)

  153. So inspire, mohon share essaynya ya mbak, email : sanjung.ariyani@gmail.com. Terima kasih

  154. Waaah memotivasi bgt mbak tulisannya. Saya nemu link ini dari share temen di fb. Kalau boleh mau contoh essay nya dong mbak:D ke sarahshafiran@gmail.com
    Sukses terus yaaa mbak. Saya doakan:)

  155. Hai Syafira, terimakasih sudah berbagi cerita lewat tulisan yang luar biasa. Saya juga tertarik pengen coba LPDP tahun depan, tahun ini saya berencana akan mematangkan persiapan saya. Kira2 boleh di share ke aku gak essay kamu waktu itu. Sebenarnya saya juga sudah punya referensi dari temen yang sudah lulus LPDP juga. Tapi saya membutuhkan banyak referensi karena saya yakin referensi dari kamu juga akan membantu melengkapi essay saya. Bisa minta tolong di email ke afrianisimanjuntak@gmail.com ya. Sekali lagi terimakasih banyak :)

  156. menginspirasi sekali ka :) semoga sukses diterima di UoM. kalau boleh, saya ingin melihat contoh essay yang kakak buat ke fifiana247@gmail.com. terima kasih, sukses selalu ka :)

  157. halo kak syafira, cerita kakak membuat saya semakin termotivasi. InshaAllah saya akan menyusul kakak yaa, saat ini saya masih berjuang dengan Tugas Akhir hehe, oh iya kak aku mau essay nya dong kak utk nambah referensi :) ini email ku ya kak fauziahrahmi88@gmail.com . terimakasih kak :))

  158. boleh share essaynya, emailnya ti.karlina21@gmail.com terimakasih :)

  159. wah selamat atas lolosnya kakak di UoM, saya pun ingin sekali kuliah disana. sepertinya mbak walaupun begitu sangat aktif di bidang organisasinya mbak, dan mempunyai potensi kepemimpinan yang dicari oleh lpdp. Mungkin kalau berkenan boleh saya minta essay nya mbak? email saya ke russvanproust@gmail.com. terimakasih dan salam sukses selalu!

  160. Mbak, ijin minta essaynya….ini email saya sashiomarda@gmail.com…makasih hehe

  161. Haii kak, salam kenal :)
    Ceritanya keren kak, inspiratif hehe.
    Semoga tetep menginspirasi ya kak :)
    Aku mau minta contoh essay kakak dong hehe makasih banyak ka

  162. Assalamualaikum mbak boleh saya meminta essaynya mbak ini emailnya saya sunainirofiah@ymail.com. semoga saya dapat mengikuti jejak mbak :)

  163. Hi, Syafira! Thank you for sharing!! If you don’t mind, please send me your essay =) : susan.wen88@gmail.com

    Thank you so much!

    Sukses terus ya!

  164. selamat kak firraaa atas beasiswaanya… semoga bisa sukses menjalani kuliah di Manchester dan dapaatt bermanfaat buaatt temaan2 yang lainnya dikemudiaan harii. Amiinn..

    Btw jika kak firaa berkenan, saya juga mau minta contoh essay kakak untuk di email ke bagus143@gmail.com..

    Terima kasih banyaakk kak :)

  165. Hi fira! Salam kenal.

    Saya intan yg juga lg ngebeeeeet bgd buat lanjut skolaah dan daftar LPDP. Udah ikut 2x IELTS tp masih belum cukup nilainya :). Insya allah dalam wkt dekat mau tes lagi utk ngejar pendaftaran akhir tahun ini. Sukses juga utk tes IELTS kamu ya.

    Fira boleh intip esai nya gak sbg bahan referensi? Bantu krm ke email nurintan.indahsari@gmail.com ya.

    Terima kasih :)

  166. Assalamu’ikum ka’ fira, saya mau banget dibagiin essaynya ke titi.emas2014@gmail.com
    terimasih :)

  167. Hi Syafira, terima kasih sudah di bagi pengalamannya. Sungguh sangat membantu saya terutama karena di batch tersebut terdapat beberapa tambahan persyaratan. Mohon apabila diperkenankan, saya minta tolong dikirimkan essay kamu sebagai bahan referensi ke david.ririmasse@gmail.com.
    Anyway, goodluck buat ielts dan LoAnya.

    Terima kasih.

  168. Mbak Fira, boleh dikirim contoh essay nya ke king.tacchan@gmail.com? Terima kasih ya Mbak :)

  169. Izin mba boleh minta contoh essaynya.. Trims.. #respect

  170. hai mbak fira… Ceritanya menarik. Ada semangat disitu. Aku mau dong contoh surat motivation, sukses terbesar dan kontribusiku bagi indonesia. Kamu keren lulus dg alasan mau jadi pns. Ada kisah lain, yg nyebutin pingin jadi pns tapi gak lolos. Jadi… Mungkin tergantung pewawancara kali ya mbak

  171. Mbak Fira Aulia. Perkenalkan Saya Fatih angkatan 2011. Sayaberencana mau ikut seleksi LPDP. Kalau boleh saya minta contoh essay yang mbak buat dan minta info terkait dengan tes IELTS. Terimakasih mbak Fira.

    Email fatih.qodri@mail,ugm.ac.id

  172. halo ka, salam kenal ya..:) kalo boleh saya minta contoh essay kaka yang kaka buat untuk daftar LPDP …Terimakasih ka fira
    Email : andrianidewi39@gmail.com

  173. Boleh minta essay nya kak? Sebagai contoh buat saya jika berkenan. Ini email saya kak, ukhti_nietta@yahoo.co.id

  174. Sebelumnya selamat mbak. btw jika berkenan saya ingin meminta contoh essay yang di apply, essay on the spot (deskripsinya saja) dan contoh CV nya mbak. thanks a lot! :)

  175. wah hebat mbak semangat ya kuliahnya!
    Kalo boleh minta essaynya mbak dikirim ke adhikacatra1@gmail.com , semoga bisa ngikutin jejaknya mb syafira :))

  176. Firaaa! Selamat datang di keluarga LPDP :))))) *aku speechless saking senengnyaa*

  177. Mba… saya mau minta tolong dikirimin contoh essay, khafianadia@gmail.com
    Makasih mbaà

  178. Luar biasa bgt ka, menginspirasi. Trmksh sdh menuliskan cerita yg amat memotivasi. BTW, boleh dong kak minta contoh essay nya dan cp guru privatnya.hehe
    marianakrizia@gmail.com. mksh ka

  179. Mbak Fira terima kasih untuk cerita inspirasinya..
    Salam kenal saya Febriana angkatan 2011. Jika mbak berkenan saya ingin mempelajari contoh essay yang di-apply, CV, serta meminta CP guru privatnya ke febriana.harianja@gmail.com ya mbak.
    semoga amal jariyah yang mbak dapat bisa memudahkan segala proses pendidikan mbak ke depannya ya! ^^

  180. Mbak Fira, kalau berkenan saya mau minta contoh essay :) Terimakasih :D
    endah.saputri22@gmail.com

  181. Selamat Kak Syafira. Semoga dimudahkan dan dilancarkan ya studi lanjutnya. Terima kasih sudah mau bagi tips-tipsnya untuk menghadapi seleksi LPDP. Kalo kakak berkenan, saya ingin minta contoh essaynya sebagai gambaran. Terima kasih banyak kak. Sukses selalu. :)
    Email saya: claudyagultom@ymail.com

  182. Salam kenal, mbak Fira. Boleh saya minta contoh 3 essay Mbak Fira untuk seleksi admin? Ini email saya: astari.rahmatika@gmail.com
    Sekalian mau tanya, untuk on the spot essay writing waktu penulisan dan jumlah kata berapa ya? Terimakasih banyak sebelumnya :)

    • Halo Astari, salam kenal juga
      Waktu penulisan kalau ga salah ingat 50 menit. Jumlah kata ga ada minimum/maksimumnya kok (beda dengan IELTS), yang penting komprehensif aja :)

  183. Halo mbak.
    Saya sangat tertarik untuk ikut LPDP, tapi saya masih baru bgt tau tentang program ini. postingan ini nambah ilmu dan motivasi saya untuk tetep lanjut, walaupun bisa dibilang persyaratan nya semua cukup rumit.
    Kalau boleh saya juga mau lihat contoh essay ya mbak. dan kalau boleh saya juga mau tanya jawab dengan mbak melalui email :D
    ini email saya mbak anisakusumawardhani@yahoo.co.id

  184. salam kena ka syafira :). makasih ka ceritanya memotivasi. boleh minta essaynya ka?.. ini email saya: nuralawiyahria@gmail.com

  185. salam kenal. Share dong essainya ke purnamaperak@gmail.com

  186. Keren mbk
    Semoga saya bisa mengukuti jejaknya mbk, amin
    Share essaynya donk mbk
    Farokaari111@yahoo.co.id

  187. halo kak, tulisannya sampe saya print dan tempel di dinding kamar kak. saya memutuskan untuk meneruskan impian saya yang pernah hampir saya kubur berkat tulisan ini kak.
    saya boleh minta contoh essay dan contoh surat rekomendasi ga kak? jikalau boleh ini email saya kak mona_khoirunnisah@yahoo.co.id
    saya pingin tanya banyak kak. sukses terus kak dan semoga percintaan kakak juga sukses,

  188. Selamat ya kak, semoga kuliahnya lancar dan cita-cita selanjutnya terwujud.aminn… Setelah baca tulisan kakak saya jadi terinspirasi tapi sayangnya saya berasal dari PTS non Univ.
    Saya boleh minta contoh essay dan surat rekomendasinya kak.. ini alamat email saya df2741@gmail.com
    Terima Kasih :D

  189. Boleh minta contoh essay nya kak?
    lagi bingung cari inspirasi juga nih. makasi yaaa
    titintmulia@gmail.com

  190. oiya kl boleh coontoh surat rekomendasinya jg y kak. :)

  191. Slm kenal mba Fira. Trimaksih utk critanya, sgt inspiratif sekali. Selamat dan sukses sllu ya.
    Maaf sbelumnya, jika d izinkan bolehkah sy meminta contoh essaynya juga? Email sy lady_mega@yahoo.com. trimkasih sblmnya.

  192. Kisahx mnarik bgt, klw ada sutradara yg liat bs djadiin film nih :-) .. kirimin esayx downk ke emailq fatmawatidjama@kemenag.go.id

  193. Salam kenal. Terima kasih sudah berbagi kisah. Saya juga mau essaynya dong. Bisa dikirim ke email sy . Terima kasih. Semoga sukses yes ^^

  194. Terima kasih sharingnya kak, sangat berharga sekali. Kalau boleh, saya ingin membaca essay kakak, untuk referensi ke depannya. Email saya octivia.rian.fatmawati@gmail.com.
    Terima kasih sebelumnya. Semoga kebaikan kakak, Tuhan yg membalas. Aamiin 😇

  195. Wah sangat membantu skali sharingnya kak. Boleh tu saya bisa baca essaynya kakak. Email saya kevinssembiring@gmail.com
    Sukses terus kak. :))

  196. Halo, Kak. Saya sangat tertarik untuk membaca esai kakak. Jika berkenan, tolong dikirimkan ke hildaizzaty011311233043@gmail.com
    Terima kasih, Kak. Semoga selalu dimudahkan :)

  197. mbak minta contoh essay sama les English nya juga dong, hehe
    laksamana.rizki@gmail.com

  198. Wah Amazing…. Kak bolehkah sy minta contoh essay kkak? Email sy : siti.nurazizah93@gmail.com terimkasih banyakk kak

  199. jika berkenan mhn essay bisa dikirim ke suko.harsono92@gmail.com

  200. Mbak bs minta contoh email n contact les mbak wkt di jogya? Terimakasih banyak!!
    erlysintya.dewi@yahoo.com

  201. mbak penasaran kisah sukses move on dari mantannya heheh braincreativelife@gmail.com

  202. Kalau boleh minta curahan hati dalam versi essay-nya mbak
    adityapriasmara@gmail.com

    Semoga lancar dan sukses kuliahnya. Jangan lupa nonton premiere league mbak..hehe..

  203. mbaaa fira selamat sudah bisa meraih beasiswa LPDP. mba kalo bisa minta dikirim contoh esaynya yaaa ke email saya ratihlailathi@gmail.com. makasih mbaa

  204. Menarik cerita nya mbak.. Minta tlg dong kirimkn essay mbak ke zbelfyz@yahoo.com, trims…

  205. Menarik sekali cerita nya mbak.. Minta dong contoh essay mbak.. Ini alamat email ku zbelfyz@yahoo.com
    Makasih banyak…

  206. Kmrn2 niat bgt mau masukin lpdp. Trus karena disambi2 rutinitas jd kurang niat. Habis baca ini jd smangat lagiih..makasih mba :D.. mau contoh essaynya yaa ke ekawati.utami@gmail.com

  207. Assalamu’alaikum Syafira…
    Salam kenal. Tulisannya inspiratif dan informatif bgt. Boleh bagi contoh essaynya ke pitriratna@gmail.com Makasih sebelumnya…

  208. Terima kasih sudah berkunjung.
    Maaf ya baru sempet kirim email lagi, semoga bermanfaat :) As always, kalau saya salah kirim email (kayak minta essay malah kukirim kontak les bahasa aja), tolong diingatkan hehe
    Sukses!

  209. Halo kak fira, semoga masih ingat ya haha ini Tegar IF 2012. Keren banget kak kisahnya ;D kapan nih kak ada waktu lagi ke kampus? Mau nanya2 soal ini hehe

    Ohya kalau berkenan, pengen tahu contoh essay kakak nih. Dikirim ke tegarajipangestu@gmail.com yaa kak. Terimakasih banyak sebelumnya :D

  210. Halo Fira (temennya Doni Herlambang ya ?), terimakasih atas sharing nya, kalo boleh saya minta dikirim juga ya essay nya ke bayuachmedmaulana@gmail.com, terimakasih banyak sebelumnya :)

  211. Halo Syafira,
    Kebetulan saya sedang mau urus beasiswa juga eh nemu blog ini. Boleh liat contoh essay punyamu? Ini email saya armandasandro@gmail.com
    Makasih ya! Baik banget lho kamu ini semua komen dibalesin. xD

    Salam

  212. Hello syafira! So glad to find your blog. Selamat yaa atas beasiswa LPDP nya! Post ini ngebantu banget buat prepare everything. You seem so determined and hard working, truly deserve the scholarship :)
    Kalo boleh aku minta contoh essay nya yaa ke sandraindriani@gmail.com , smoga bisa lolos seperti syafira. Thank you! Sukses terus yaa dan bisa sama2 kuliah di UK hihi amin.

  213. Kak tolong kasih contoh essaynya, cnightray@gmail.com Makasiii

  214. Halo Syafira, makasih banyak ya sharingnya. Selamat juga udah lolos seleksi LPDP. Perkenalkan saya Wildan, sama dari ITB juga, haha. Kalo berkenan, boleh share essay dan rencana studi ke email rizki.a.wildan@gmail.com . Saya berencana daftar LPDP awal tahun 2016 nanti dan sekarang masih tahap persiapan dokumen. Semoga bisa lolos LPDP dan lanjut kuliah ke UK juga yaa. Thanks in advance!

  215. Hai Syafira, big thanks buat sharing pengalaman hebat kamu. Kalo boleh, mau minta contoh essay ya.. agitop.apk@gmail.com. Nuwun :)

  216. Salam kenal Fira, 😊

    Saya sangat terkesan dengan cerita perjalananmu, dan entah mengapa itu menginspirasi saya.
    Bolehkah saya membacamembaca contoh essaymu..
    Alamat email ku moena.funny@gmail.com
    Terima kasih 😊

  217. Hey, selamat sebelumnya atas beasiswa LPDP nya! :D It’s already inspired me even though i’m not finish reading this article yet (i’ll do the rest tomorrow, promise ^-^). Seperti yang lain, minta contoh essaynya dong kak ke auliarshad@gmail.com.

    Thanks.

  218. Sartika pramita bahri

    Mbak salam kenal, mohon dikirim essay nya donk ^_^ sartikapramitabahri95@gmail.com terima kasih.

  219. Hi Syafira, selamat yaa atas scholarship yang kamu raih. Sangat menginspirasi… Kalau berkenan, aku juga mau dong contoh essaynya. Bisa dikirim ke fabiolanola@gmail.com thanks ya!

  220. Salam kenal, saya Yogyantoro. Boleh minta contoh ketiga essay-nya ke aeyogy@gmail.com ? Thanks :)

  221. Kaka keren banget. Aku terinspirasi dengan ceritanya. Mau dong contoh essaynya buat inspirasi selanjutnya . Moga-2 bisa lulus kayak kaka.. Semoga kaka sukses lebih tinggi lagi ^^
    ini emailnya : chery_husty@yahoo.com
    Makasiiiii

  222. Salam kenal mbak fira, sharing dan kisahnya sangat bermanfaat, kalau boleh saya minta contoh essaynya, ini email saya silviwaheed@gmail.com,,, terimakasih

  223. kirimin essaynya dunk mb, saya sangat termotivasi setelah baca tulisan ini. haris_hasanuddin@yahoo.co.id

  224. Waaah….this is so inspiring me, “Sukses terbesar adalah move-on dari mantan”. Ini mirip2 spt kisah saya. Boleh ya mbak kalau kapan2 saya japri. Saya juga sedang proses menuju awardee LPDP :)

  225. Mohon informasinya untuk essay dan tips-tipsnya kakak 😊
    Terimakasih

  226. Alhamdulillah saya menemukan postingan seperti ini. Saya sangat teratrik mengikuti seleksi LPDP namun ada kendala di bahasa inggris saya sehingga saya tidak cukup PD. Setelah saya baca postingan ini, saya seperti menemukan harapan :’)
    Sangat menginspirasi sekali tulisannya.

    Kalau tidak keberatan, bolehkah saya minta contoh essay-nya? Email saya nessyalvioriza@gmail.com

    Terima kasih :D

  227. Salam kenal Mbak Syafira, saya Annida.. Terima kasih ya udah share ceritanya.. menginspirasi sekali. Jadi, semakin termotivasi untuk dapat beasiswa.. kalau boleh saya juga mau minta contoh essaynya Mbak, ini email saya annidahanifa93@gmail.com… Sukses ya Mbak buat ke depannya… Makasih banyak sebelumnya:)

  228. Kak, boleh minta contoh essaynya ga? Tolong kirim ke email saya vini.fitriani@yahoo.com. terima kasih

  229. Kaemasi Nurfadillah

    Wah, teteh. Eh bolehkan teh, aku panggil dikau dengan teteh? Selamat atas keberhasilannya teh. aku tunggu cerita teteh di sana. oh iya salam kenal. Aku boleh minta contoh essay teteh? ini emailnya teh imz.fadillah@gmail.com

  230. Kaemasi Nurfadillah

    Terima kasih banyak teh. Doakan aku… :D

  231. So inspiring :) hikmah yg saya tangkep dr cerita mba, katerbatasan bukan penghalang kalo Allah udah berkenan.. makasi mba.. kalo boleh saya ingin belajar dr essay mba hehe.. klo berkenan ini email saya fatimahrahmawati.hg@gmail.com

  232. Menginspirasi sekali kak, pada setiap kejadian pasti ada hikmah.. Tuhan selalu bersama dengan orng yang selalu berdoa dan berusaha. Sukses di UoM kak.. boleh bagi essaynya ga kak di adhitamanyna@gmail.com . Terimakasih sebelumnnya kak ..😊

  233. Hai syafira…
    aku mau nanya pengajar private bahasa inggris yg dijogja dong.. terus kalo kontak kamu bisa ke mana ya? bisa minta alamat emailnya? Terimakasih.. Salam sukses untuk kita semua :))

  234. Kak, saya minta contoh essay nya dong kak. Makasih 😊

  235. Email sudah terkirim kawan-kawan. Semoga sukses! :)

  236. Tubagus Fakhri Muhammad

    Halo Kak Fira, saya Fakhri power’11. Selamat ya atas kesuksesan LPDP nya. Boleh saya minta contoh essay nya kak? Email saya tbfakhrim@gmail.com

    Thanks :D

  237. Terimakasih sudah membuka mata akan perjuangan utk mendapatkan beasiswa yang sarat perjuangan, hehe. kira2 boleh saya melihat contoh essaynya kak? email: sacabrata@gmail.com

    Hatur nuhun.

  238. Great story. Saya merasa malu sendiri membaca tulisan Mbak; dimana skor TOEFL saya 400-an, IPK pas-pasan, mimpi belum direncanakan, dan belum punya prestasi membanggakan, tapi selalu bilang ke ortu S2 di luar negeri, Ostrali ! Inggeris ! Prancis ! Padahal usaha ke arah situ belum jelas dan keras. Semoga essay Mbak membuka jalan kesana, hehe. Email : wasiqulfir@gmail.com

  239. Halo, Mbak…

    Terimakasih sudah bersedia berbagi cerita.
    Apa saya boleh lihat contoh essaynya dan minta kontak guru les Toeflnya?

    Maturnuwun

  240. Zhafirah Zhafarina

    Salam kenal Mba Syafira.
    Terima kasih atlas sharing pengalamannya. Saya jadi makin termotivasi untuk melanjutkan studi saya.
    Kalo boleh, saya ingin meminta contoh essay, Mba. Alamat email saya zhafirahfarina@gmail.com

    Terima kasih banyak, Mba. Sukses selalu.

  241. Mbak Fira, boleh minta essaynya? Salam kenal, nama saya Ardhin :)

    email saya ardhin23@gmail.com

    Terima kasih

  242. Halo, Mbak…

    Terimakasih sudah bersedia berbagi cerita.
    Apa saya boleh minta contoh essaynya dan minta kontak guru les Toeflnya?
    Berikut email saya: fitria_pr89@yahoo.co.id

    Maturnuwun

  243. mbak, kisahnya inspiratif sekali ya. saya berencana ikut lpdp untuk batch terakhir tahun ini. mepet sih emang, tp yaa if you never try, you never know kan hehe. boleh saya minta contoh essay nya mba? email saya : 156.lucky@gmail.com. akan sangat membantu saya di waktu yang mepet ini hehe. terima kasih sebelum nya

  244. halo kak fira keren bgt kaaaak, kak aku intan yg sekosan sama kakak pas kakak masih di cisitu lama 7 no 48 kaaak.
    Kak fira boleh nanya2 gak nanti japri di fb gitu ttg lpdp ini kak? oiya kak boleh minta kirim contoh essay dan rencana studi tidak kak? ke intanikaapriani@gmail.com
    terimakasih banyak kak fira so inspired

  245. halo mb firaa, ini sandra mb adeknya mb bia. boleh minta kirim contoh essay mb fira? kirim ke adesandradp@gmail.com :) terimakasih mba fira

  246. Nike Aditya Putri

    Salam! :)
    Tulisan yang Sangat menarik dan bermanfaat. Jika tidak keberatan, saya minta tolong dikirimkan essay dan study plan-nya ya kak. Terima kasih :)
    Ke: nikeadityaputri@gmail.com

  247. HI Fira, thank you for sharing your story! You inspired me to follow your steps. Would you please share your essay and study plan to my email? Hopefully all is well with your study. aulia.yura@outlook.com

  248. Kakaak, blh minta essay, study plan sama cp guru les b ingg nya??? Mkshh yaa, sukses..

  249. Sgt membantu sekali mba.. jika berkenan bs tlg krm essaynya ksini ya mba sayyid_um@yahoo.com.
    Mksh 😊😊 sukses selalu.

  250. Hai fira! Ini aku adella *temen smp5 n sma3 , inget kan ya *..Sukses selalu yah firrrrr 👊 Oya, aku mau dong fir tlg dikirim essay nya sama kontak les b ing nya, ke adelsyvia@yahoo.com … makasih fira :)

  251. Asslamu alaikum wr wb mbak Fir,
    makasih buat cerita inspiratifnya..bisa minta contoh essaynya..hehhee..bisa minta tlng dikirim ke haristjulianto@gmail.com ? Makasih ^^

  252. menarik banget! bdw, sukses terbesar dalam hidup mbak kok sama ya sama aku? haha. Mbak, kalau berkenan saya juga minta ya contoh essaynya nurisnanugrah@gmail.com Terima kasih banyak ! :)

  253. Halo mbak Fira.
    Salam kenal, nama saya Mega. :)
    Terima kasih banyak sudah membagi pengalamannya di sini. Saya sendiri juga agak ragu-ragu kalo mau ikutan beasiswa ini karena banyak yang pingin dan pastinya banyak yang jauh lebih awesome dari saya. Saya sendiri berniat untuk ndaftar ke beasiswanya tahun depan.

    Omong-omong mbak bisa minta contoh esainya, ndak? Kalau berkenan, mohon kirim ke megaprimatama@gmail.com ya mbak. Terima kasih banyak. :)

  254. mbak pengen lihat essaynya.. saya masih belum ada gambaran essay yang inspiring itu yang bagaimana, mohon dikirim di ardinisafitri@yahoo.com. makasih banyak mbakk :)

  255. Hai kawan-kawan. Mohon maaf lahir batin baru kirim emailnyaaa. 45 hari terakhir saya melalang buana di beberapa kota karena urusan PK. Semoga masih bermanfaat essay & kontak bahasa Inggris yang barusan kukirim :)

    Anw dalam PK kemarin, saya ketemu sama banyak dan variatif tipikal orang yang mendapatkan LPDP. Kalau saya kategoriin: bener-bener beragam. Ada yang “oh wajar dia dapet LPDP” karena CV akademiknya luar biasa (sering ikut konferensi, nulis jurnal ilmiah), tapi ada juga yang akademik biasa-biasa (ada yang IP-nya 2 koma-an. Ada juga yang 3,01). Ada yang pengalaman organisasi atau pengalaman kerja berjibun, tapi ada juga yang fresh graduate tanpa pengalaman kerja maupun organisasi sama sekali/minim.

    Jadi intinya, kalau udah rezeki ga akan kemana-mana. Sambil pastiin essaynya mumpuni (jelas, nyambung dengan apa yang sudah dan akan dilakukan, dan ga mengawang-ngawang). Saat wawancara, kumpulin semua energi positif yang bisa dipancarin sambil tetep antusias tetapi rendah hati.
    Goodluck!

  256. Ananta Dhaneswara

    Halo mbak, salam kenal. Boleh minta contoh essaynya ? Bisa dikirim ke ananta.dhaneswara@gmail.com. Saya juga tertarik untuk mendaftar beasiswa LPDP tahun depan soalnya. Terima kasih sebelumnya, sukses selalu.

  257. Adisi Sharesia Rusena

    Hallo ka. Salam kenal. Saya boleh liat contoh essay nya, sharesia.adisi@gmail.com
    Terimakasih ka, sukses terus ya ka :)

  258. Terima kasih sudah sharing pengalamannya kak.. Saya jadi semakin bersemangat buat daftar lagi karna yang sebelumnya belum beruntung.
    Kalau kk berkenan, boleh bagi essay nya ke email saya di monicaelvina@hotmail.com ? Terima kasih banyak dan semangat terus

  259. Hallo kak fira, mau minta kontak Les TOEFL privat dijogja yang kakak Les kmrn. Makasih

  260. Hai, terima kasih banyak ceritamu mencerahkan kesuraman ide essay saya yang entah kenapa ngumpet semua.. Bolehkah minta contoh essaynya? Terima kasih :)

    Email: nadhirahseraphine@gmail.com

  261. Firaa boleh dong lihat essay nya buat jadi referensi hhi. Kalo boleh kirim ke binda.nissa@gmail.com yaaa. Makasih firaaa. Sukses teruus ;D

  262. Assalamualaikum kak, boleh minta file essay nya. kirim ke sukmarahayu1998@gmail.com yaaa. makasih kak..

  263. Essay dan kontak privat bahasa Inggrisnya sudah terkirim. Selamat menikmati perjalanan! :)

  264. nice job fir,
    hahaha,
    kompeherensif banget,

    pengalaman pk g kamu tulis tah?

    • Ini Iqbal ya (please di pagemu ga ada muka. There are numerous people with name Muhammad Iqbal haha).

      Belom Bal. Cari inspirasi dulu, udah ada draftnya (di otak) koks. Ga akan kutulis di wordpress kalau ga worth sharing soalnya. Kalau yang nggalau-nggalau sih di tumblr/group WA kita yang berisik aja :B

  265. Hai Fira salam kenal. Cerita perjuangannya bagus dan menginspirasi. Boleh gak aku minta contoh essaynya ke irzanesputri@gmail.com ? Kayaknya menarik nih hehe. Makasih yaaa :)

  266. Hai mbak Fira, masih ingatkah denganku? Aku Anin 66, temen PCC mbak pas di SMA dulu hehe. Bisa ikutan minta contoh essaynya mbak? Emailku mariandhita@gmail.com. Nuwun, mbak :)

  267. Artikelnya membuat semangat lagi buat daftar LPDP yang tinggal 20 hari untuk sekolah di public health.
    Terima kasih mba Fira, dan apa boleh saya minta essaynya untuk inspirasi?
    Email saya sathya.deva.idg@gmail.com.
    Sukses selalu ya mba.

  268. terimakasih mba untuk sharing pengalamannya, boleh saya minta contoh essay nya mba ? email saya fakhrirehan@gmail.com

  269. trimaksih mb fira udah sharing ceritanya. keren bgt mb. semoga aq bisa mengikuti jejak mb. apa boleh saya minta contoh essainya mb? email saya ayeemimin@gmail.com

  270. Hi, Fira. nice to read your story. Saya juga pengen minta copy essay kamu, bisa kirim ke masrur7ridwan@gmail.com .thank you.

  271. tetty christina

    Mbak Fira salam kenal, apakah sudah berangkat study ke UK? Please help mbak apakah aku bisa dikirimkan contoh essaynya ke tetty.christina@gmail.com? Sekalian nanti bias korespondensi via email kah, bertanya panjang dan lebar terutama tentang ielts/toefl nih, semoga aku bias mengikuti jejak mu ya mbak. Terimakasih ya.

  272. Hai vira
    Nice story.
    Kebetulan aku jg lg mau apply LPDP, boleh share essay mu ke emailku?
    ayu.oktaviany@gmail.com

    Sekalian aku penasaran sama on the spot essay nya proses nya gimana? Berapa lama dikasi waktunya ya? Dan menulisnya dgn bahasa apa?

    Thank you sebelumnya

  273. Thanks for sharing :-)

  274. Thanks mbak Syafira Fitri Aulia Orang Jogja yg kuliah di ITB dan mau nerusin k Manchester, PK48 LPDP.
    Kontribusi saya buat Negeri ini, mau bantuin salah satu warga negaranya khususnya mbaknya buat lebih bisa move on dari mantan. Boleh g?

  275. halo kak, saya sekarang masih mau nyusun2 essay untuk LPDP, cukup membingungkan juga *karena saya ragu dengan essay saya sendiri* hehehe

    mungkin bisa minta referensi dari kak syafira :D
    ini email saya anpuspitasari@gmail.com

    makasi kak, sukses~

  276. Salam kenal mbak,,, maaf kalau menganggu,, tulisannya sangat menginspirasi,,saya yang tadi ny down karena bnyak kekurangan untuk mengajukan beasiswa lpdp menjadi semangat lagi setelah membaca tulisan ini,, kalau boleh saya mau membaca essay ny mbak bukan untuk plagiat tapi untuk memancing ide saya,,, terima kasih sebelum nya,,, ini alamat email saya lismeiriza@gmail.com,,,,

  277. Halo mba salam kenal, kalau boleh saya mau minta kontak untuk les private bhs inggrisnya, kebetulan saya kuliah di jogja :) terimakasih sebelumnya mba. Semoga sukses!

  278. Permisi ka salam kenal. Thanks untuk sharing pengalamannya berguna banget. Boleh minta contoh essainya ke gilang.perdana@hotmail.com? Terimakasih banget loh ka

  279. kamalaziz88@gmail.com
    Minta contoh essaynya ya mbak

  280. Hai semua. Essay udah dikirim ya :) Semoga sukses!

  281. Alhamdulillah.. selamat yaa Mbk Syafira untuk beasiswanya :-), smg lancar study dan rencana2 baiknya.
    sharingnya menarik dan bermanfaat skali.
    saja juga mau ya Mbk, dikirimi contoh essay Mbak ksni
    winda.hayu@ymail.com

    matur suwun..

  282. Alhamdulillah.. selamat yaa Mbk Syafira untuk beasiswanya :-), smg lancar study dan rencana2 baiknya.
    sharingnya menarik dan bermanfaat skali.
    saya juga mau ya Mbk, dikirimi contoh essay Mbak ksni
    winda.hayu@ymail.com

    matur suwun..

  283. Salam kenal Mba Syafira… Bolehkah saya dikirimi contoh essaynya ke simarmata.lusi@gmail.com

    Terima kasih

  284. Halo mbak Syafira, sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih atas artikel yang bener2 menginsiparasi dan membuat saya felt impowered. Kalau tidak keberatan, boleh gak mbak di-share contoh essay dan study plan-nya buat gambaran saya mempersiapkan LPDP tahun ini? Terima kasih :)

  285. oh ya email saya lim,leonard91@gmail.com kelupaan hehehe

  286. Mba tlg kirim contoh essaynya ke saya boleh? Ct.alaziz@yahoo.com. makasih banyak mbaa

  287. Ceritanya sangat menginspirasi sekali, kak :)) Saya juga berencana melanjutkan studi keluar tapi bermasalah dengan bahasa inggris:( boleh minta nomor guru les bahasa inggrisnya kak?kebetulan saya bisa stay agak lama di jogja.jadi mau memanfaatkan waktu selama di sana:)

  288. Keren, mkasih mba..sangat membantu…!!!

  289. Haloo mba fira. Thank you for such a precious post, muncul ditengah kebingungan bagaimana persiapan buat seleksi LPDP. Saya sedang ongoing persiapan juga mbak, dan galau berat gimana caranya nulis “kontribusiku buat indonesia”. Level aktivitas saya selama ini nggak tinggi-tinggi amat, cuma lingkungan sekitar (nggak se-wow mbak fira), bikin saya wondering..cukupkah yang saya lakukan ini disebut “kontribusi untuk indonesia”?

    Kalau mbak berkenan saya mohon dikirimi essay mbak fira ke: starandsky.9999@gmail.com, it would be really helpful. Terimakasih atas sharingnya, semoga dibalas kebaikan berlipat-lipat :)

  290. Halo mbak Fira. Saya ketawa sekaligus excited membaca pengalaman mbak karena keberhasilan terbesar kita mungkin sama; move on dari mantan pacar. Tapi saya perlu baca lebih lanjut supaya lebih tahu gimana mbak fira menjabarkannya hingga merubah muka para juri jadi antusias dengan cerita mbak. Boleh saya minta esainya? kirim ke kustinayu@gmail.com Trims :)

  291. Hai mba Fira, makasih untuk sharing pengalamannya, saya berencana mencoba LPDP. Boleh minta esainya mba? kirim ke: mfransiskatax@gmail.com. Makasih mba.

  292. Assalamualaikum Kak Fira, terima kasih banyak atas sharingnya, semoga sukses selalu! Boleh saya belajar dari essay kakak? Email saya forummakmur@yahoo.co.id

    Terima kasih banyak kak, wassalam

  293. Rejeki ga kemana ya. Walau banyak drama selama proses, tapi kl rejeki yaaa ga kemana :))
    Terima kasih mau tulis pengalamannya ya. tapi saya termotivasi dgn kisahmu. Saya juga gagap bhs inggris soalnyaaa :))))

    Anyway ku mau dong lihat rencana studi dan essay mu boleh? Ke annisa.aiya@gmail.com

    Thanks ya mba

  294. halo fira!
    selamat yaa buat LPDPnya :) and tthanks for sharing.

    mau nanya Ocha yang kamu tanya karena lagi sekolah di fakultas yang kamu tuju Naomi Sarosa kah?hehe

    anyway, boleh yaa share contoh essaynya ke sitidarasabrina@gmail.com

    thankyou!

  295. Assalamu’alaikum fira, menginspirasi sekali ceritanya :) boleh minta contoh essay nya?terima kasih. breliantinkencana@gmail.com

  296. oh, akhirnya ketemu juga tips trik lpdp dari informatika :D

  297. Hai semua, mohon maaf lama. Email sudah terkirim ya (kalau ada yang terskip kirim, mohon kabarin lagi ke saya biar bisa kukirim lagi).

  298. hai fira, bs minta tolong ya share essay di emailku..ya ya yaa yaaaa…makasiihh..critanya membumi dan inspiratif

  299. Halo fira, kenalin aku davi dari arsitektur. Lagi pengen coba lpdp nih. Pertama baca blog kamu karena ada yg share di fb, lupa sih siapa hehe. Pas aku baca menarik banget, beda dari tulisan-tulisan peserta lain yang beredar. Kalu boleh mau dong kirimin essay lengkapnya ke emailku daviah.maziya@gmail.com
    Makasih banyak yaa :)

  300. Hi mba fira… thanks banget udah sharing pengalaman lpdpnya… tulisan mba sangat membantu dan menambah wawasan saya tentang lpdp….
    kalo berkenan, boleh minta share essay dan study plannya gak mba?
    email: tri.purnamasari00@gmail.com
    makasih banyak mba…

  301. Selamat Kak Syafira. Terima kasih sudah bagi inspirasinya. Semoga dimudahkan ya studi lanjutnya. Kalo kakak berkenan, saya ingin minta contoh essaynya sebagai gambaran. Terima kasih banyak kak. Sukses selalu.
    Email saya: arifin_zain90@yahoo.com

  302. Salam kenal mbak Fira,, terima kasih sudah berbagi pengalaman di lpdp.. Semoga studinya diberikan kemudahan dan kelancaran.. Kalau mbk Fira berkenan, saya mohon dikirim contoh essaynya di email : shanti.anggriani@gmail.com
    Terima kasih banyak

  303. Thasyaacaroline

    Kak, menarik ceritanya :)
    Aku mau baca dong essaynya nathasya.marlinang@yahoo.com
    Terimakasih sebelumnya ka

  304. Kak, tulisannya sangat menginspirasi :) bolehkah saya melihat essaynya ? rike.dian@gmail.com . Terimakasih

  305. Essay sudah terkirim :)

  306. Halo kak, selamat atas lpdpnya jika berkenan saya tolong kirimkan contoh essaynya ke bukasendirideh@gmail.com ya kak, terimakasih

  307. mba Fira,,, cerita qm inspiratif banget…selamat ya udh sukses dpt beasiswa LPDP nya. boleh kasih liat contoh essay yg kamu buat kah?. sama tips2 ttg les privat toefl nya juga yaa.
    bisa email ke nana.biotayuda@gmail.com
    makasiih

  308. kak fira boleh minta contoh essay nya ke selma.legia@gmail.com terimakasih sebelumnya kak

  309. Hallo Fira…. bolekah saya minta contoh essaynya ke claraghany@gmail.com . Lagi semangat lagi nih buat berjuang ^_^
    Taengkyuuuuuu ;)

  310. Halo Fira….bolehkan saya minta contoh essaynya ke claraghany@gmail.com
    lagi semangat nih buat berjuang lagi…
    taengkyuuuuu :)

  311. Assalamu’alaikum, kak. so inpiring. Terima kasih sudah berbagi

  312. Hi, Mbak Fira.. Boleh minta contoh essay nya juga? Sudah lama mau nyoba LPDP, tetapi masih kurang percaya diri :) kalau boleh, kirim nya ke rida.khansa@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelum nya.. Sukses selalu.

  313. Mbak… Minta file2nya syarat2 lpdp dong, ke naramurti@gmail.com

  314. Terima kasih atas tulisan ini, ya Kak. Sangat membantu. Kalau boleh saya ingin minta dikirimkan essaynya juga ke firyal.124124@gmail.com untuk referensi. :D

  315. Assalamualaikum ka, saya syarif ka dari TM ITB angkatan 2012, sempat tau kaka sewaktu di kongres karena pernah jd anak magangnya Bang Arka di kesenatoran PATRA hehe. Makasih banyak ka untuk informasinya, sama saya mau minta contoh essay kakak nih ka ke msyarifudin22@yahoo.com makasih ya ka :)

  316. Assalamualaikum mbk syafira.. jika berkenan saya boleh minta dikirimkan essaynya buat referensi.., mau coba LPDP jg.. email : ayat88csrpku@gmail.com
    terimakasih sebelumnya mbk fira
    sukses selalu yaa… :)

  317. Email terkirim. Selamat menikmati perjuangan :)

  318. Assalamualaikum mba fira, mbak jika mba tidak keberatan bolehkah saya dikirimkan essay emba sebagai bahan referensi mba, kebetulan saya daftar lpdp afirmasi
    apriyanitutut@gmail.com
    terimakasih mba :)

  319. assalamualaikum mbak fira.. kalau boleh saya minta dikirimkan essaynya mbak buat referensi… mau daftar lpdp juga. email : lailahidayati23@gmail.com

    terimakasih mbak :)

  320. Selamat kak Fira sudah lolos seleksi LPDP. Rencana tahun ini saya juga ingin mendaftar beasiswa LPDP. Jika berkenan, saya minta dikirimkan juga essay kakak sebagai referensi. Terimakasih banyak sebelumnya :)
    Email saya di natasasya@gmail.com

  321. Assalamualaikum Kak Fira, terima kasih untuk tulisannya sangat menginspirasi dan membantu saya. Kalo diperkenankan saya ingin meminta contoh essaynya, boleh dikirim ke email ini kak hanni.herlina@gmail.com. terima kasih kak

  322. Assalamualaikum Mbak Fira. . tulisan mbak buat saya jadi semangat lagi untuk tetep maju lpdp hihii. boleh minta tulisan contoh esaynya? email saya ulyarusdimi@live.com terima kasih mbak semoga sukses selalu!

  323. Terkirim :) Anw kalo butuh/mendesak untuk baca essay-essaynya, langsung japri saya via message facebook ya kawan-kawan. Kalo ga saya bales-bales juga, teror terus aja tiap hari hehe. Good luck!

  324. Halo Fira. Boleh mnt contoh essay nya? Pls send to nana.biotayuda@gmail.com
    Tx in advance ya

  325. Halo kak Fira, menginspirasi sekali ka :”) Boleh saya minta contoh essaynya kak ? :) bisa dikirim ke: nurherdawatinisa@gmail.com Terimakasih banyak ya ka.. semoga semakin berkah ka ^^

  326. Haloo Kak Fira :)
    Terimakasih utk tulisannya. Boleh share essay nya Kak??
    Thank you Yesika.t. sinaga@gmail.com

  327. Haloo Kak Fira :)
    Terimakasih utk tulisannya. Boleh share essay nya Kak??
    Thank you yesika.t.sinaga@gmail.com

  328. Hi mbak Fira slam kenal ya.
    Teriimaksih sudah berbagi cerita nya,boleh share juga mbak essay nya ke tuvanyega.13@gmail.com
    Terimkasih mbak . sukses slalu :)

  329. kk minta kontak gurunya dong sama essay ke laksitaputri17@gmail.com makasih banyak kk semonga sehat n sukses selalu :))

  330. Assalamualaikum mbak Syafira. Terima kasih sudah berbagi kisah perjuangan mendapatkan beasiswa LPDP. Saya pun berniat ikuti seleksinya tahun depan. Boleh share essay-nya mbak, ke sheilasulthana@gmail.com. Terima kasih. :)

  331. Salam Kenal Mba Fira, tulisannya membantu sekali untuk yang akan apply LPDP.
    Saya boleh dikirimkan contoh essay nya mba ke email diankurniati45@gmail.com?
    Terima kasih sebelumnya..:)

  332. Fabulous !
    sangat menginspirasi dan informatif kak Fira. Kalo boleh, saya mau baca essay kakak. Ini email saya choirikhumaidah@yahoo.com
    Semoga sukses dimanapun kakak berada :)

  333. hallo mbak fira blog nya sangat membantu terutama keluhannya hampir sma degn saya oh ya mbak boleh minta essaynya ngak mbk referensi saya ini alamat email saya yelviindriani24@gmail.com makasih ya mbak oh ya mbak bleh ngak saya mintak juga link mbak di fb tdi saya cari2 ngk ketemu makasih bnyak ya mbak thanks a lot :)

  334. hello mbak saya yelvi blog mbak ini sangat membantu saya karena mengalami kendala yang sama seperti yg mbak jelasan selamat ya mbak bisa lolos lpdp oh ya saya boleh minta contoh essay mbak untuk referensi
    bagi saya makasih bnyak ya mbak.ini alamatnya yelviindriani24@gmail.com oh ya mbak saya juga mncari link mbk di fb kok ngk nemu blh minta juga mbak makasih bnyak mbak

  335. hello mbak saya yelvi blog mbak ini sangat membantu saya karena mengalami kendala yang sama seperti yg mbak jelasan selamat ya mbak bisa lolos lpdp oh ya saya boleh minta contoh essay mbak untuk referensi
    bagi saya makasih bnyak ya mbak.ini alamatnya yelviindriani24@gmail.com oh ya mbak saya juga mncari link mbk di fb kok ngk nemu blh minta juga mbak makasih bnyak mbak

  336. Muhammad Hardyan Prastyanto

    Assalamualaikum mba fira, salam kenal :)
    saya mau ngawalin dengan doa utk mba fira smoga slalu sukses kedepannya, amiin.
    entah kenapa saya baru di takdirkan oleh Allah untuk ketemu tulisan ini saat saya disemeter akhir strata 1 dan berniat untuk melanjutkan s2, bbrapa hari yg lalu juga baru mengikuti sminar EHEF jakarta dan mampir di booth Univ Edinburg yg ternyata disana ada program Architectural & Urban Design, program master yang saya impikan, ya smoga ini jawaban dari Allah utk kelancaran dalam usaha meraih beasiswa s2 hehe
    ini email saya mba, mhardyanp.arch @gmail.com , doain ya mba smoga bisa kesampaian untuk bisa satu Almamater dgn mba fira di uk :)
    wassalam..

  337. Muhammad Hardyan Prastyanto

    Assalamualaikum mba fira, salam kenal :)
    saya mau ngawalin dengan doa utk mba fira smoga slalu sukses kedepannya, amiin.
    entah kenapa saya baru di takdirkan oleh Allah untuk ketemu tulisan ini saat saya disemeter akhir strata 1 dan berniat untuk melanjutkan s2, bbrapa hari yg lalu juga baru mengikuti sminar EHEF jakarta dan mampir di booth Univ Edinburg yg ternyata disana ada program Architectural & Urban Design, program master yang saya impikan, ya smoga ini jawaban dari Allah utk kelancaran dalam usaha meraih beasiswa s2 hehe
    ini email saya mba, mhardyanp.arch@gmail.com , doain ya mba smoga bisa kesampaian untuk bisa satu Almamater dgn mba fira di uk :)
    wassalam..

  338. suka banget sama tulisan ini karena gak banyak orang yang mau membagi tips dan triknya terlebih perihal lolos beasiswa. tapi di tulisan ini di jelaskan secara detail banget malah. hehe. salut banget sama mbak fira. jadi penasaran mau baca essay nya. kirimin aku juga ya essay nya, please. hehhe syuryawati14@gmail.com. makasih sebelum dan good luck…

  339. Say, tanya dong, menurut lo essay yang kita buat sebaiknya berapa halaman? Thank you

  340. keren ka ceritanya menginspirasi banget.. boleh minta contoh essaynyaa ka, handiutami@gmail.com makasih sebelumnya..
    sukses selalu.. :)

  341. mba fira, saya boleh minta contoh essay tidak dikirimkan ke email supperanna@yahoo.com ?

    terimakasih banyak mbak fira :)

  342. Ga sengaja mampir dan sangat tertarik tulisan ini, menginspirasi sekali, Mba! :)
    Bolehkah saya membaca ketiga essay Mba? Bisa dikirim ke dians.wulandari@gmail.com jika diperkenankan, terima kasih

  343. Kak ceritanya bikin aku terinspirasi. Kak, kalau boleh aku mau baca ketiga essai kakak. Ini email aku firdaramadhanti12@gmail.com doain ya biar bisa nyusul kakak

  344. Halo perkenalkan saya fablio, apakah saya bisa mendapatkan essay dr mbak? Fablioandrea12@gmail.com

  345. Halo mba.. sukses mulia ya..
    Mohon bantuan untuk sy dikirimi email ttg essay
    faredmanga@gmail.com

    Terima kasih 🙏

  346. Mbak klo untuk essay study master ke LN harus mnggunakn bhsa Inggris mbak ???

  347. Mb, minta contoh essaynya ya. Terimakasih.

  348. halo kak Fira, saya Dina. Mahasiswi dri Muhammadiyah Palembang, salam kenal kak. saya boleh minta file essaynya kak? terima kasih sebelumnya :)
    ini email saya kak Dina.maryana1994@gmail.com

  349. Agus Dwi Saputro

    inspiratif banget ….sangat menggugah untuk tetap semangat dan percaya diri…oh yah tadi soal esay kok beli tempo n kompas ..emang apa hubungannya kok sya belum paham, makasih.

  350. Agus Dwi Saputro

    oh yah mba salam kenal sblmnya hehehe, saya Agus dr Bdg dlu kuliah di ISID Gontor….nah sekiranya berkenan bsa minta file essaynya juga ?? maksih seblumnya yah…..satu lagi itu bsa review baca2 esay ttg dimana aja??

  351. Agus Dwi Saputro

    lupa ini emailnya saya mba ….adis.sundanese@gmail.com ….hapunteun mba ^_^

  352. Kak crtnya menginspirasi skli, saya trtarik untuk ikut lpdp jugak. saya mnta essaynya dong, hhe
    eka.safitri691@gmail.com

  353. Senny Widia Oktari

    Mba terimakasih tulisannya. Semakin meyakinkan saya untuk bermimpi. Mba sekalian mau minta contoh essaynya, bolehkah? Terimakasih sebelumnya. 😀
    Ini email saya sennywidiaoktari@gmail.com

  354. assalamualaykum mba fira, waah masyallah keren sekali, hmm ini sama banget sama saya yang selalu ketakutan sama bahasa inggris. mba fira insfiratif sekali kisahnya. mba bolehkah saya minta tolong contoh essay nya mba , email saya : dettyrahma55@gmail.com , terimakasih banyak mba fira semoga kebaikan mbak di balas oleh allah :))

  355. Grapevin Riviesa A P

    Assalamu’alaikum kak Fira, salam kenal :) tulisannya sangat menginspirasi saya. Minta tolong essay kak Fira dikirim ke grapevin.rap@gmail.com dong hehe. Semoga segala urusannya dipermudah kak ^^

  356. Terima kasih ka untuk sharing infonya. Sangat bermanfaat. Saya jadi punya tambahan info dan gambaran tentang proses seleksi LPDP :)

    Boleh saya minta contoh essay ka Fira?
    Ini email saya nurmaliaputri.new@gmail.com

    Oh ya satu lagi ka. Mendapatkan LoA itu sebelum kita daftar LPDP atau sesudah kita daftar LPDP ya? Mohon infonya ka.
    Sekali lagi terima kasih.
    Sukses selalu ya ka..

    • Kalau aku daftar LPDP dulu baru cari LoA. Tapi itu dari penilaian pribadiku terhadap kelebihan-kekurangan diri aja, jadi bener-bener personal tergantung circumtance masing-masing. Generally, aku lebih nyaranin cari LoA dulu baru daftar LPDP biar lebih ada daya tawar :)

  357. Terima kasih mbk untuk sharing infonya, Sangat bermanfaat sekali,boleh saya minta contoh essay nya mbk Fira? email saya agusmulato1508@gmail.com dengan info ini Saya jadi punya tambahan info dan gambaran tentang proses seleksi LPDP terimakasih banyak mbk :)

  358. Assalamualaikum kak.
    Saya Opi. Kaka sangat luar biasa perjuangannya. Saya kagum dan saya jadi lebih termotivasi untuk bisa study lanjut. Boleh bagi essay lpdpnya kak?
    ini email saya kak mohshofi30@gmail.com
    Terima kasih kak

  359. Selamat sore kak
    Saya tertarik dengan cerita perjuangan kakak. Saya juga adalah orang yang sering gagal kak dan bermimpi untuk bersekolah di luar negeri. Jika berkenan, bolehkan saya meminta essai kakak untuk dijadikan panduan penulisan dan tentunya panduan untuk menghabiskan jatah gagal saya kak. Ini email saya kakak effenddie@gmail.com . Terima Kasih :)

  360. Assalamu’alaykum mbak Syafira, saya Danti dr Universitas Sriwijaya, Palembang. MasyaAlloh kisahnya inspiratif sekali mbak.. nambah semangat diriku mbak, yg sempet pesimis krna bbrpa hambatan di penelitian tugas akhir. Owy mbak, saya boleh mbak dikirimin juga essay dan motivation letter punya mbak ke email saya? danticiptasari@yahoo.co.id

  361. Halo salam kenal
    Boleh doong, kontak dan keterangannya dikirim ke email
    chamimchusna37@gmail.com

    Semoga sukses :)

  362. Mbak crtnya memotivasi saya untuk terus mencoba. saya nih mnta essaynya dong, :)
    desiamy92@yahoo.com

  363. Jd smangat lg stlh bca pengalamn mbak fira. Slut deh mbak dri yg bnci bahasa inggris smpai akhirnya ktrima di universitas Edinburg. Mbak minta krimin essay, delia.dee04@gmail.com
    Mau brjuang kyk mbak fira soalnya gk lncar bahasa inggris jg.

  364. Gusti Ngurah Ketut Budiarta

    Halo kak, menginspirasi sekali kisahnya.
    kak kalau berkenan saya ingin belajar tentang essaynya
    here’s my email ngurahandbudiarta@gmail.com
    thanks in advance.

  365. Assalamu’alaykuum ka firaaa menginspirasi sekali ceritanya.. Keren banget ka fira. Apabila berkenan saya ingin belajar menulis essay dari essaynya ka fira. Here’s my email zarmadhani@yahoo.com
    Thanks soo much before. Keep inspiring ya kak! :D

  366. nila sari rosenta

    selamat pagi kak, tulisan kakak sangat bagus dan sangat menginspirasi buat saya, karna saya juga ingin sekali mendptkan beasiswa lpdp ini, yah sama seperti kk, ipk saya rendah , bahasa inggris saya sangat kurang bahkan jelek sekali kak, kak saya ingin belajar essay dari kakak, jika kakak berkenan kirimkan ke email saya ya kak, ini email saya rosenta001@gmail.com.
    terimkasih banyak kak, sukses selalu , Tuhan memberkati

  367. Selama siang kak, ceritanya menginspirasi sekali.. boleh saya meminta essay kak.. ini email saya kak ugikurnia@gmail.com

  368. Maaf, mbak. Boleh minta contoh essay nya nggak? Hehehe…
    Maaf nih mbak ngerepotin. Makasih.

  369. Terkirim. Goodluck semua ::)

  370. Sungguh pengalaman mabak Syafira Fitri Auliya sangat menginspirasi.. saya juga minder dengan kemampuan bahasa inggris saya, tapi saat ini saya tengah memperbaiki pula.
    *Orang malas gak boleh males* antara memotivasi dan “Jlebbb” :( . Terimakasih atas share pengalamannya mbak ^_^ semoga 2 tahun lagi saya bisa mendapat kesempatan seperti mbak Syafira (kuliah lanjut s2 dan bea LPDP)

    note: Boleh saya minta essay yang sempat mbak ceritain di atas ?
    muflikah.nunik@gmail.com .Big thanks mbak :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s