tips usm daerah itb versi saya

seperti yang kita tau, usm terpusat itb 2010 diadakan 29-30 mei 2010 alias sabtu ini. saya mau ngasih sedikit hal yang saya kerjakan sewaktu usm daerah kemaren, semoga berguna :)

setauku, 60% tes itb jalur usm ditentukan dari psikotes. baru sisanya dari math, english, mipa, dan tpa. psikotes sendiri, dari cerita mereka yang berhasil, paling ditentuin dari ketenangan kita dalam ngerjain soal. ngrasa takut itu manusiawi banget. 2 minggu sebelum tes .. aku nangis, yakin aku gabakal keterima.  tapi  rencana Allah kita ga pernah tau. jadi do your super best aja ☺

hari pertama (5 jam) psikotes

malem sebelumnya, tidur cepet, makan bergizi, fresh in badan&pikiran. khusus yang usm pusat, GO Intensif usm ngasih tips : datengnya rada pagi. soalnya semua yang pengen itb dateng ke bandung. kalo dateng mepet, entar mentalnya down liat lautan manusia. jangan sampe down ya ;;;)

saranku buat psikotes, tenangin diri. angkaangkanya jujur ega sulit, tapi akunya aja yang ga tenang. perkalian 4×6 aja aku semenitan sendiri, saking paniknya. padahal waktu sangat terbatas disini

deret angka, usahain diisi. ini deretnya emang berasa angka acak gitu. awalnya aku nyerah, tapi gengsi sama sebelahku kalo cuma ngisi dikit ehehe. jadi kupaksain ngejawab. akhirnya setelah dipelototin, ternyata ini deret 4 tingkat. contoh angka

buat tes gambar, buku ‘Bank Psikotes Gambar’ terbitan Buku Biru buatku berguna banget. disitu ada tips gambar buat psikotes. pertimbangan hak cipta, maaf banget gabisa kuupload disini. jadi kujelasin dengan bahasaku aja ya

gambar1 – ada 8 kotak, nerusin gambar

(atas) kiri ke kanan anggep 1-4,(bawah) kiri ke kanan anggep 5-8

1. titik adalah pusat. kujadiin pusat jarum jam, disamping jam ada boneka

2. objek yang gerak bebas. kujadiin burung cemara, plus gunung sawah

3. makin tinggi, bearti keinginan maju kita tinggi. kujadiin tiang listrik, plus awan&matahari

4. kujadiin tutup botol aqua, botolnya di atas meja. disampingnya ada sendok garpu

5. sesuatu yang teknis&konstuksional. tapi aku gabisa gambar hehe, jadi kubikin jadi sendok eskrim (dislike it!)

6. kujadiin mobil, di depannya ada pohon

7. kujadiin bunga matahari. bunganya di sungai. ada banyak bunga, plus batubatuan

8. suatu pelindung. kujadiin topi yang dipake orang. orangnya di dalam rumah

TipsSemogaBerguna : jangan ragu ngasih ornamen tambahan. makin detil, makin bagus katanya

.

gambar2 – gambar pohon

pohon selain pohon kelapa, cemara, pisang, dan rumput rumputan. dulu kugambar pohon apel. batangnya gede&berornamen. akarnya kuat banyak. dahannya banyak, di tiap dahan ada daun + buah apel. ada daun jatuh ketiup angin. di tanah ada apel jatuh, bunga liar, batu, gundukan tanah. ada matahari, awan, burung

gambar3 – gambar orang

gambar orang yang lagi beraktifitas. jangan gambar komik-style. dulu kugambar sekretaris yang lagi jalan bawa map kerjaan. biar agak high-tech, di meja si sekretaris ada laptop berlogo Mac, mouse, map, bolpen. si sekretaris pake jepit rambut, kalung simpel, sabuk, sepatu high heels. abis itu dikasih nama, kelebihan, kekurangan dari karakter gambaran kita

TipsSemogaBerguna gambar2&gambar3 : dilarang pake penghapus. gambarnya yang tegas, jangan arsiran :)

.

essai – apa yang akan kamu kerjakan 10taun mendatang

kita mau masuk surga, bahagiain ortu, boleh banget. TAPI JANGAN DITULIS DISINI >:D disini sesi ngegombal hehe. judul :”10 taun mendatang”, “saya ingin masuk stei. kenapa? karena citacita saya adalah dapat berpatisipasi sebagai programmer di Bursa Saham Indonesia. disitu peran programmer cukup vital karena …”–> cukup gombal sekali kan :p

,

keraplin (atau pauli)

dikasih kertas gede banget seukuran kertas koran, ada angka, banyak angka tercetak. kita disuruh ngitung penjumlahan angka atas&bawahnya. kalo hasil penjumlahannya >10, cuma tulis angka belakangnya. tiap beberapa menit, pengawas teriak ‘ganti’, berarti kita suruh nandai (garis 2 kali) tempat kita ngitung sekarang

TipsSemogaBerguna abis nandai, jangan berhenti. cepet itu bagus, tapi lebih usahain konsisten. jumlah lembar keraplin yang kita abisin bukan penilaian mutlak kok, konsisten sekali lagi. jangan sampe interval tanda kita terlalu beda satu sama laen

hari kedua

tes bakat skolastik banyak beli buku TPA dan kalo sempet apalin katakata dari kamus

english grammar yang paling banyak keluar. aturan pemakaian Gerund, Infinitive, Participle dibuka lagi yok

math dasar pikir out of box, soalnya pemecahannya sering diluar dugaan :) perdalam cara bikin grafik –» keluar di banyak soal

mipa terpadu

fisika –» konsep dasar dimatengin. masih ada waktu yuk buat ingetinget arus listrik, daya, fluida, intensitas dan lainnya. kalian bisa :)

kimia –» sedikit (banyak ding) diluar pengetahuanku yang awam. ada titik kritis dan halhal yang belom pernah kudenger

biologi –» kata tementemenku gampang. buatku? sulit banget gilaaaa. pertanyaannya sih sering liat, tapi jawabannya itu yang aku ga tau :B

dari awal aku tau, biologiku ega mungkin kekejar.  jadi realistis aja, lebih kuusahain di fisika

.

selebihnya? keberuntungan dan berkah Allah aja. kalo dalam kasusku, itu faktor utama. tapi tetep, usaha maksimal. aku percaya keberuntungan dateng kalo kita usaha ;)

selamat berjuang, semoga sukses ♥

In Harmonia Progressio ☺

19 responses to “tips usm daerah itb versi saya

  1. bharuno maheworo

    wah apek apek tips e, harusnya aku yang baca sebelmunya usm daerah ben le garap lebih manteb,
    wakakaka :D

    ini disuru yg punya blog ngasih tips juga:

    psikotes, garap yg teliti sama cepet, gak usah terpengaruh kanan kiri

    klo yang gambar itu (tes wartegg), klo gambar d serempetin fakultas yang mau d masukin, trus gambarnya jngan terlalu urut, tp jga jngan terlalu acak, paling egak 1235487 gtu, trus klo yg mlengkung klo bsa gambar mahkluk hidup, yg garis / kotak gambar benda mati.

    gambar pohon, gambarnya yg banyak daunya, ada buahnya, berkambium, rindang sama yg bermanfaat,

    gambar orang, setauku kalo buat yang lakilaki gambar bersabuk sama berdasi ada nilai plus,
    klo aku sih gambar aku di masa depan.
    :D

    kraplin, gak usah kesusu diawal, biasanya udah pada panik ko ga bisa banter, soalnya belum panas, ntar klo udah lumayan banter gak usah kesusu, yg dikejar grafiknya aja

    skolastik e gampang gampang angel, tapi yang garap santai aja, soal anak smp ko, tapi tetep cepet, soalnya waktu terbatas

    bhs inggris, aku yang gak bisa aja ngomong gampang ko, belajar grammar aja. diisi semua, gak ada pengurangan nilai

    madas, yg mikir jangan dalem dalem, banyak soal sederhana, jangan diawur kalo ada yang ga bisa

    mipa terpadu, disini cuma pake rumus rumus dasar, tapi rumus rumus dasar yang jarang dipake, jadi banyak orang lupa, termasuk aku. :P
    baca ceritanya yang teliti, biasanya jawabannya jg ada di situ. jangan diawur kalo ada yang ga bisa

    semua materi klo bisa yg garap diatas tingkat kesulitan fakultas masing masing. misalnya STEI yg garap kalo bisa 84% lebih (setiap mata ujian kecuali psikotes)

    hahaha, tapi aku yg ketompo yo bejo, emboh teori2ku itu betul atau salah, tapi kalo bisa berguna ya Alhamdulillah :DD
    terimakasih..

    /makasih banyak uno ;D
    tambahan buat psikotes yang 8 kotak. kalo cowo jangan mulai dari nomer 7, entar orientasinya dipertanyakan ihihi/
    – phy

  2. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    hmm, dulu belajar psikologi dikit & dijelasin tentang gambar-gambar itu.

    kalau yang “meneruskan potongan gambar”, yang 8 kotak itu. Biasanya dipake buat melihat kreativitas peserta. kalau gambarnya jadinya sama semua (misal dijadiin gedung semua), mungkin cocok jadi arsitek atau teknik sipil. Kalau gambarnya macem-macem, bisa jadi cocok di TI. kalau isinya jadi logo partai, mungkin cocok masuk FISIP :D

    Kalau gambar pohon, itu akan melihat kepribadian kita. Katanya sie bisa mengetahui keseimbangan otak kana vs kiri, logika vs art, dsb.

    Tentang “esai” masa depan, di sini pengen diliat seberapa visionernya kita. Sekaligus pengen lihat seberapa “egois” peserta. Jadi bisa tau mana yang kuliah visinya cumabuat nyari duit, atau pengen berbakti pada bangsa dan negara (haiah)

    /siap makasih banyak :D/ – phy

  3. aku pernah dikasih tau waktu mau tes unpad, kalo psikotes itu makin pinter orangnya makin lambat ngerjainnya :). Terutama deret angka.

    Tips buat deret angka (dari guru bimbelku ini) coba pake penjumlahan/pengurangan dulu (contohnya yang diatas itu). Kalo belum ketemu, baru pake perkalian/pembagian. Kalo masih belum ketemu, coba bagi beberapa kelompok deretnya yang punya pola mirip.
    Misalnya deret:
    6 9 8 15 30 33 32 37 74 ….
    coba lihat… 6 ke 9 itu +3. trus 30 ke 33 juga +3. Coba tandai disitu.
    6 (+3) 9 8 15 30 (+3) 33 32 37 74 ….
    Setelahnya, 9 ke 8 itu -1. Ternyata 33 ke 32 juga -1. Kayaknya pembagian kelompoknya sudah benar.
    6 (+3) 9 (-1) 8 15 30 (+3) 33 (-1) 32 37 74 ….
    Kalo diterusin…..
    6 (+3) 9 (-1) 8 (+7) 15 (x2) 30 (+3) 33 (-1) 32 (+5) 37 (x2) 74 ….
    Cuma ada satu perbedaan disitu, 8-15 dengan 32-37. Tapi karena selain itu polanya sama, ya gak masalah.
    Nah, kalo diliat, setelah (x2), pola terulang lagi, dimulai dari (+3). Berarti setelah 74 adalah 77 :)

    dll dll dll dll……..

    **hehehe…. berhubung aku dapet kisikan kalo deret angka kemungkinan banyak keluar di snmptn, jadi aku numpang posting disini ya fir :)

    /makasih banyak aguuuung :D aku malah ega tau lho kalo bisa gitu/ – phy

  4. Assalamualaikum…
    halohalo :D
    saya ikutan dongggg…
    tapi saya hanya memberi tips tentang teknis saja, hehehehe

    tips pertama yang akan saya berikan adalah : JANGAN LUPA PIPIS dan BAB sebelum tes , INI PENTING SEKALI !!!! berhubung dulu pas usm hari pertama saya kebelet PIPIS (nahan 1jam) dan BAB(nahan sampai selesai) , huff , untung saja saya kuat menahan dan sebagai konsekuensinya konsentrasi saya terbelah menjadi 3 , mengerjakan psikotes , nahan pipis , dan nahan BAB .

    tips kedua :
    berlatihlah mengerjakan keraplin di rumah dengan teknik mengaji , mata mendahului tangan . diusahakan stabil , karena biasanya kecepatan menurun di tengah-tengah mengerjakan , tidak usah cepat-cepat , diusahakan kecepatan konstan , sekitar 2 operasi/detik lah, kalau lebih dari itu ya lebih baik ^^

    tips ketiga (untuk MIPA terpadu):
    kuatkanlah iman kalian , eh , kuatkanlah pemahaman teori kalian , hehehehehe , karena kebanyakan soal merujuk pada teori dasar , bukan pada pengembangan teori .

    tips terakhir :
    berdoa merupakan langkah ampuh untuk membantu usaha kita . perbanyak amalan sunnah (dhuha , senin-kamis, tahajud) , dan yang terpenting adalah OPTIMIS dan TAWAKAL .

    sekian tips dari saya,
    semoga membantu :)
    Wassalamualaikum…

    /waalaikumsalam warakhmatullah
    ahaha oke chid. jadi tementemen, sebelum tes tuntasin hasrat alam kalian dulu ya ;p
    / – phy

  5. wuzzz, dewo iki tips e. Hahahaha. Thx.

    /goodluck tur! :)/ – phy

  6. ikut nyumbang ikut nyumbang….
    hasil diskusi dari seorang psikolog semalam :D
    yg penting itu “PEDE”
    karena tes tersebut tujuannya bwt ngukur kemampuan kalian yg sebenarnya
    dan ternyata penilainya tuh ga bisa ditipu dengan kita nyontoh apa yg ada di buku
    jadi ya ga usah menerapkan apa yg ada di buku juga gapapa :p
    paling kalo mau latihan, ya latihan koran (yg di sini ditulis kerapelin), walau sebenarnya paling ga bisa ditipu, tapi juga paling bisa dilatih
    oh iya, tes kerapelin yg dinilai tuh banyaknya ma konsistensinya. jadi klo banyak tuh nunjukin kekuatan kamu dalam menghadapi persoalan. kalo konsistensi nunjukin daya tahan
    gambar orang nunjukin kamu saat ini ato kamu mau jadi apa
    trus gambar pohon tuh diibaratkan sperti orang (ambil sendiri kesimpulannya)
    segini saja yg dapat saya pahami. monggo kalo mau diikuti >:)

    /sebenernya psikotes emang tergantung individu. tapi gimanapun aku pengen keterima kan ya, jadi nyari buku :B anyway thanks banyak mir masukannya. goodluck buat sabtu ini :>/ – phy

  7. ralat keraplin bkn kerapelin (doh)

  8. psikotes tuh hakikatnya buat mengetahui gambaran diri kita secara personal. jadi menurut saya tidak usah dirisaukan, cobalah jujur dengan diri kita sendiri. mengenai gambar yang 8 kotak itu, yang terpenting adalah kreatifitas kita, sejauh mana kita berimajinasi dengan stimulan yang ada, disamping ‘aturan’ garis lurus benda diam garis lengkung benda bergerak.

    untuk gambar orang dan pohon, katanya seh kepribadian kita dapat dilihat dari kedua gambar tersebut. bagaimana cara kita membuat gambar, menarik garis, dll. dari situ konon dapat dilihat kepribadian kita. jadi ga usah takut klo kita ga bisa gambar, karena yang dinilai bukan gambar kita, tapi bagaimana cara kita menggambar. sebelum menggambar tentuin dulu apa yang mau kita gambar, karena banyak kejadian kita menggambar terlebih dahulu, setelah selesai menggambar kita akan disuruh memberi nama gambar tersebut dan kita bingung dengan apa yang kita gambar. misal untuk gambar pohon-tanaman berkayu- kita gambar pohon jati, sengon, mahoni, kayu putih, mangga, dll.
    untuk orang tentukan siapa, aktifitas yang dilakukuan dan usia dari orang yang kita gambar..

    untuk menjumlahkan deret angka yang seperti kertas koran (PAULI), jumlahkan dari kolom yang paling kiri dulu-kiri atas-. jumlahkan secara natural aja, cari posisi se-rileks mungkin, tangan
    akan sedikit terasa sakit terutama bagian ibu jari, tapi ga usah dipedulikan tetap fokus. yang terpenting kita mampu menjumlahkan secara konstan dan mampu melewati angka VI romawi pada bagian atas kertas, bisa dilihat nanti pada saat menerima lembar tes. sebagai tips jangan memperdulikan angka yang telah kita jumlahkan fokus aja ke angka yang sedang dan akan kita jumlahkan..

    untuk tes yang akademik saya rasa kalian lebih tahu apa yang harus kalian lakukan..

    Satu lagi, jangan lupa berdoa semoga Tuhan memberikan kemudahan kepada kita semua. semoga bermanfaat, sukses buat semua…amin.

    /yap, yang bener kayak gini harusnya B)/ – phy

  9. jono terbakar

    makasih ya tipsnya mbak, saya sangat terbantu.

    keterangan:saya ngga ndaptar usm hahaha

    /selamat berjuang usmnya(catatan, kamu ega daftar usm ;p)/ – phy

  10. Pauli fir :) ni dah tak ralat ahahahaha

    /udah diganti meg ;) goodluck bridgingnya!/ -phy

  11. sumpah, gw ngakak baca postingan ini.
    bukan ngakak karena yang nulis aneh, tapi ngakak ngingat gw pas ujian.
    1. pas ujian, gw lagi flu se-flu-flunya, i**us gw mengalir tiada henti sampe bawah meja ujian gw penuh tisue berlendir (meja ujian gw ga ada lacinya) walau gw serius ngerjain psikotes, blum tentu hasilnya bagus. tapi ini suer, gw lebih serius ngurusin hidung gw daripada ngurusin test, udah gitu ga dibisain bawa minuman lagi.
    2. gw itu anak gunung, cuaca dingin udah biasa buat gw. buat test di kota medan, musti perjalanan jauh. tapi masalahnya bukan itu. masalahnya, cuaca kota medan membuat gw serasa “mandi” saat ujian.
    3. udah lama gw ga blajar (ini yang paling ancur)
    ketiga kondisi diatas membuat gw bener-bener ngaco pada saat test.
    waktu test deret angka itu, gw bener-bener bengong di menit-menit awal, apalagi ngeliat samping gw ngerjai cepet amat sambil nutup idung pake tisu.
    waktu test gambar, wuihh, gw gambar ala kadarnya dan se-ngaco mungkin. pas disuruh gambar orang, gw gambar orang bediri diliat dari samping (itu yang paling mudah digambar kan, ngeliat dari samping), ga ada namanya lagi. gambar pohon gw gambar koi yang ga ada mirip-miripnya sama sekali dengan kopi. pas gambar kotak gw paling parah. gambarnya ngasal gila, ga jelas. kotak trakhir tuh gw kasih gambar “mangekyou sharingan”(lu pikir sendiri dah gw segila apa).
    pas ngitung koran lagi. gw sempat beberapa kali terdiam sejenak. gw ga nyelesain satu lembar penuh, tapi samping gw nambah dan lembar keduanya hampir selesai, aje gile.
    pas hari kedua aja sih kayaknya gw agak “ngarep” dikit, meski flu masih tetap menyerang. kalau hari pertama, gw angkat tangan dah.

    tips dari gw : usahakan jangan flu saat ujian, apalagi sampe i**us-nya kebanyakan, bahayaaa, suerrrrrrrrr


    /pas tes di magelang, belakangku flu berat melermeler juga
    kasihan banget pasti jadi ega konsen :(/
    -phy

  12. gw snmptn kemaren yang bikin kurang konsen bukan karena ada yang sakit, tapi karena di depan gw ada cewek ngelingkar kertas ujian pake tangan kanan tapi tetep nulis-nulis cepet pake tangan kiri! Buset tuh cewek otak kanan-kiri nya bisa kerja asinkron gitu -___-

  13. wew kaya virus di film 3 idiots :o

  14. Sebenernya tes daya tahannya krapelin apa pauli kak? Trs garisinnya kaya gimana? Beri saya gambaran dong.. Oiya, boleh tau gak jumlah soal & waktu utk: tbs, b.inggris, matdas, mipa masing2 berapa?
    Terima kasih

    /kata temen2ku Pauli. correct me if im wrong, aku gatau bedanya krapelin sama pauli hehe. garisnya underline duakali (‘//’). permapelnya bisa dicek di blognya temenku (hey Dit ijin ngelink ya) http://panjangbanget.blogspot.com/2010/04/alhamdulillaah.html. Good Luck <3/ -phy

  15. makasih banget tipsnya….
    jadi ngerti strategi buat ngerjain USM 2011 besok hahaha

    doakan saya bisa menyusul anda :D

    /goodluck!/ – fira

  16. Subhanallah kak…. Hebat banget perjuangannya…. Saluuuut….
    Aku juga mau ke SAPPK ITB tahun depan :)
    Semoga bisa mencontoh kakak dan bertemu kakak di kampus gajah tahun depan.. Amiin..

  17. wah..mantap,besok sy test panggilan kerja nih,,semoga aja testnya in,,,

  18. wah emg asik bgt tes itu bsbikin kt mw mikir cpt lg lho cs waktu kt d buru trs g kerasa mpt 1/2 hari gw nyelesein test itu intiny klo kt mw lulus konsen tgkt tinggi teman oke good look

  19. Terima kasih teman2 tipsnya membantu sekali, sukses untuk kita semua…..:D

Leave a Reply

